Ads by Agung Cahyadi
Apa Itu Multi-Core Processor dan Hyper-Threading Technology

Central Processing Unit (CPU) di komputer kalian pada dasarnya melakukan pekerjaan komputasi hingga menjalankan atau memproses sebuah aktifitas program. Tetapi, CPU sekarang ini menawarkan fitur seperti multi-core processor dan hyper-threading technology. Beberapa PC bahkan menggunakan banyak CPU. Lalu apa yang saya maksud dengan istilah diatas? Nanti akan saya bahas diartikel ini.


Kecepatan clock untuk CPU dulu cukup ketika membandingkan sebuah kinerja sebuah CPU. Tapi sekarang tidak begitu lagi, CPU modern yang menawarkan banyak core atau hyper-threading mungkin berkinerja lebih baik daripada CPU Single-Core dengan kecepatan yang sama yang tidak memiliki fitur hyper-threading. Dan PC dengan banyak CPU dapat mempunyai keunggulan yang lebih baik. Semua fitur ini dirancang agar PC dapat lebih mudah menjalankan banyak proses pada saat yang bersamaan — meningkatkan kinerja saat melakukan banyak tugas atau di bawah tuntutan aplikasi hebat seperti encoders video dan game berat. Jadi, mari kita bahas fitur ini dan apa artinya untuk kalian.


Multi-Core Processor

Multi-Core Processor adalah integrated circuit (IC) 2 atau lebih inti sebuah processor difungsikan untuk menambah speed clock sebuah processor, dengan memakan konsumsi daya yang cukup signifikan, tapi hanya mengandalkan speed dari clock single core yang berarti tanpa menggunakan thread untuk membagi tugas sebuah core. Misal, CPU dengan 2 core murni tanpa menggunakan embel embel Hyper-Threading.

Di prosesor model lama, ada masa jayanya processor hanya mengandalkan core dan lebih mengutamakan multi core namun di CPU modern ini sudah tidak trend lagi karena sudah dikembangkannya Hyper-Threading yang lebih bisa membagi tugas dalam menjalankan program.

Hyper-Threading Technology

Hyper-Threading Technology merupakan kebijakan Inte untuk simulasi multi thread. Ini merupakan sebuah proses dimana CPU membagi intu utama ke inti virtual. Misal, sebagian besar CPU Intel dengan 2 inti (Core) menggunakan Hyper-Threading untuk menyediakan 4 Thread, dan CPU Intel dengan 4 core menggunakan Hyper-Threading menyediakan 8 Thread.

Hyper-threading memungkinkan core CPU untuk bekerja secara bersamaan. Hal ini meningkatkan kinerja CPU dengan meningkatkan efisiensi prosesor, sehingga memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi yang menuntut pada saat yang sama atau menggunakan aplikasi yang sangat berulir tanpa PC tertinggal.

Jadi Hyper-Threading merupakan salah satu jalan alternatif untuk mendapatkan sebuah proses CPU yang lebih bertenaga tanpa menggunakan core yang banyak, dengan memanipulasi core CPU supaya saat menjalankan program tidak hanya mengandalkan single core saja, namun Hyper-Threading memiliki kekurangan berupa konsumsi daya yang lebih daripada menggunakan single core, tapi sekarang Hyper-Threading sering dikembangkan hingga konsumsi dayanya bisa ditekan tanpa mengurangi speed clock nya. Terimakasih telah berkunjung di El Creative Academy.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya