Ads by Yasya El Hakim
Mengatasi Masalah CTF Loader pada Windows

Apakah kalian sering melihat proses CTF Loader (ctfmon.exe) di Task Manager pada windows tetapi tidak tau sebenarnya fungsi dari aplikasi tersebut? Apakah CTF Loader adalah virus? atau Apakah kalian harus menonaktifkannya? Mari kita bahas tentang hal ini.



Hal yang Harus Kalian Ketahui Tentang CTF Loader


Apa itu CTF Loader?

CTF (Collaborative Translation Framework) Loader adalah service otentikasi yang memberikan dukungan teks untuk aplikasi alternatif input oleh user seperti Keyboard Translation, Speech Recognition, dan Penulisan (Ketik).

Selain digunakan untuk inisialisasi dalam pengelolaan input teks (Alternative User Text Input Processor "TIP"), CTF Loader juga dapat mengaktifkan bar bahasa pada Microsoft Office - yaitu fitur yang dapat mengubah input bahasa.

Dimana Lokasi file CTF Loader?

Nama aplikasi dari proses ini adalah ctfmon.exe yang biasanya dapat kalian temukan pada direktori C:\Windows\System32 atau C:\Windows\SysWOW64. Program ini dapat bekerja di balik layar dan biasanya akan berjalan secara otomatis.

Apakah CTF Loader itu Virus?

Walaupun kalian sering melihat proses ini, tenang saja, CTF Loader adalah file bawaan dari windows dan sudah diklaim atau belum ada bukti bahwasanya CTF Loader adalah Malware atau Spyware.

Tetapi patut untuk kalian curigai bahwasanya tidak sedikit para pembuat Malware dalam bentuk aplikasi (.exe) menggunakan nama yang mirip dan identik dengan CTF Loader.

Apa Saja Peran dari CTF Loader?

Software sistem yang memonitor fungsi user seperti input keyboard, speech recognition, penerjemahan speech-to-text, dll. memiliki peran yang biasanya ada di Microsoft Word.

Apa Saja Masalah yang Sering Terjadi Karena CTF Loader?

Terdapat beberapa pengguna yang mengeluh tentang error dari CTF Loader. Berikut adalah beberapa masalahnya:
  • Crash pada file CTF Loader (.exe) - Tidak sedikit user yang mengalami error pada file CTF Loader dan menyebabkan aplikasi lain gagal untuk berjalan.
  • Komputer menjadi lemot - Tidak sedikit pula user mengeluh karena proses dari CTF Loader yang membuat PC atau Laptop menjadi lemot/lambat karena penggunaan RAM yang tinggi.

Apa Saja Penyebab Errornya CTF Loader?

Biasanya, error dapat terjadi setelah kalian mengupdate sistem dan dalam beberapa kasus, proses dari CTF Loader sangat berpengaruh pada kinerja komputer.

Penyebab lain dari errornya CTF Loader adalah karena kesalahan pada paket input/bahasa yang digunakan. Misalnya, kalian mengubah bahasa sistem operasi Windows menjadi bahasa Indonesia dan mungkin kalian akan mendapatkan peringatan bahwa bahasa yang kalian pilih itu tidak tersedia atau tidak didukung.

Cara Memperbaiki Penggunaan Memori yang Tinggi (Khususnya CTF Loader)


Menonaktifkan CTF Loader (CTFMON.EXE) pada Windows 10

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, mungkin saja aplikasi ini sangat berguna. Tetapi, terdapat juga beberapa user yang memilih untuk menonaktifkan proses ini guna meningkatkan perfoma dan kinerja PC atau Laptop. Untuk menonaktifkannya, kalian juga harus menonaktifkan Touch Keyboard. Berikut adalah cara untuk menonaktifkannya:
  1. Tekan tombol Windows + R.
  2. Setelah muncul jendela Run. Ketikkan services.msc dan klik tombol OK.
  3. Cari dan klik kanan pada Service yang bernama Touch Keyboard and Handwriting Panel Service.
  4. Klik Properties dan pilih Disabled.
  5. Terakhir, klik Stop dan klik OK.

Itulah beberapa cara untuk menonaktifkan proses CTF Loader.

Catatan: Saya tidak merekomendasikan untuk menonaktifkan CTF Loader karena dapat menyebabkan kesalahan pada Microsoft Office.

Menghapus file CTF Loader (ctfmon.exe)

Jika kalian ingin menghapus file ini, mungkin kalian harus mempertimbakan terlebih dahulu. Tetapi jika kalian memiliki berbagai masalah dengan file tersebut, kalian dapat menghapusnya. Berikut adalah cara untuk mengapus file CTF Loader:
  1. Masuk ke direktori C:\Windows\SysWOW64 (Untuk sistem 64-bit) atau C:\Windows\System32 (Untuk sistem 64-bit).
  2. Cari dan hapus file ctfmon.exe.

Cara lain:
  1. Tekan tombol Windows + E.
  2. Kemudian tekan tombol Windows + F.
  3. Ketikkan ctfmon.exe pada bar pencarian dan tekan tombol Enter.
  4. Hapus file yang bernama ctfmon.exe.

Catatan: Solusi diatas mungkin dapat menyebabkan masalah lain, jangan lupa backup semua file terlebih dahulu.

Mengatur Proses CTF Loader dengan Task Scheduler

Selain menonaktifkan dan menghaus CTF Loader, kalian juga dapat mengatur jadwal agar proses CTF Loader tidak berjalan pada proses Startup dengan menggunakan Task Scheduler. Berikut adalah caranya:
  1. Tekan tombol Windows + R.
  2. Setelah muncul jendela Run. Ketikkan taskschd.msc kemudian klik tombol OK.
  3. Setelah program Task Scheduler terbuka. pilih Task Scheduler Library > Microsft > Windows dan pilih TextServicesFramework.
  4. Klik pada pilihan MSCTFMonitor lalu klik Disable.

Itulah bebera hal yang harus kalian ketahui tentang CTF Loader serta solusi yang bisa kalian gunakan. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat atau kalian memiliki masalah dengan CTF Loader, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya