Ads by Yasya El Hakim
Mengenal Sedikit Tentang Deklarasi pada XML

Dokumen XML harus berisi dan memiliki Deklarasi (Declaration) yang berada di bagian paling awal dokumen. Biasanya, sebuah deklarasi XML terdiri dari tiga pasang nama/nilai dan disebut dengan istilah atribut. Ketiga atribut tersebut adalah version, encoding, dan standalone (opsional).



Deklarasi XML (XML Declaration) dapat ditulis dengan awalan karakter <?xml dan diakhiri dengan karakter ?>. Perlu dicatat bahwa penulisan tersebut sangat identik untuk memproses instruksi, tetapi pada dokumen XML hal tersebut tidak dianggap sebagai proses instruksi. Semua Deklarasi pada XML harus memiliki atribut version dengan nilai 1.0.

Contoh penggunaan:

<?xml version='1.0' encoding='encoding karakter' standalone='yes | no'?>


Karakter Encoding dapat digunakan untuk konten dokumen yang dapat ditentukan melalui atribut encoding. Terdapat beberapa unicode yang direkomendasikan XML seperti UTF-8, UTF-16, ISO-10646-UCS-2, serta ISO-10646-UCS-4, dan semuanya tertuju pada encoding unicode/ISO-10646 dimana ISO-8859-1 dan ISO-8859-2 merujuk pada 8-bit latin karakter encoding. Encoding untuk set karakter seperti Cina, Jepang, dan Korea juga didukung oleh XML.

Sangat direkomendasikan bagi kita untuk menggunakan nama encoding yang sudah terdaftar pada Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Semua Processor XML harus dapat memproses encode dokumen dengan menggunakan UTF-8 atau UTF-16 menggunakan atau tanpa menggunakan deklarasi XML. Dokumen yang memiliki encode UTF-8 atau UTF-16 dapat terdeteksi dengan menggunakan tanda unicode byte-order.

Wajib bagi kita untuk menggunakan deklarasi XML jika encoding dari dokumen bukan UTF-8 atau UTF-16. Dan dalam dokumen XML, kita hanya boleh menggunakan satu encoding.

Contoh Deklarasi XML


<?xml version='1.0'?>
<?xml version='1.0' encoding='US-ASCII'?>
<?xml version='1.0' encoding='US-ASCII' standalone='yes'?>
<?xml version='1.0' encoding='UTF-8'?>
<?xml version='1.0' encoding='UTF-16'?>
<?xml version='1.0' encoding='ISO-10646-UCS-2'?>
<?xml version='1.0' encoding='ISO-8859-1'?>
<?xml version='1.0' encoding='Shift-JIS'?>


Prioritas Deklarasi XML

Jika kalian menggunakan deklarasi XML, maka kalian harus meletakkannya di awal dokumen. Deklarasi XML dapat menandakan bahwa dokumen yang kalian buat adalah XML dan menjelaskan versi nya.

Deklarasi XML adalah bagian dari prolog dokumen dan bukanlah bagian dari keseluruhan dokumen.

Ditulis oleh: Yasya El Hakim

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya