Ads by Yasya El Hakim
Apa itu Sitelink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang semua yang perlu kalian ketahui tentang sitelink dan bagaimana cara dan peluang untuk mendapatkannya.


Apa itu Sitelink?

Sitelink adalah link tambahan yang akan muncul tepat di bawah URL utama pada suatu website ketika kalian melakukan pencarian pada Google.

Sitelink dapat berupa link terdalam pada halaman yang ada pada suatu website dan semuanya dirancang dan di susun oleh Google untuk membantu pengguna atau pengunjung agar dapat mengarahkan mereka dengan mudah untuk masuk kedalam website kalian.

Dalam berbagai hal, sitelink juga akan muncul bersamaan dengan Search Box yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mencari sesuatu yang ada di dalam website langsung melalui SERP.

Penasaran dengan bentuk sitelink? Berikut adalah contoh tampilan sitelink yang ada pada Search Engine:

tampilan sitelink yang ada pada Search Engine

Kalian dapat melihat bahwa sitelink berupa campuran dari kategori dan halaman pada suatu website, halaman statis, dan juga artikel yang (menurut saya) agak aneh.

Beberapa diantaranya juga berupa link yang memang kami sangat mengharapkan untuk dapat ditampilkan disana. Tetapi tidak dengan link artikel.

Sudah terbukti bahwasannya salah satu alasan dari adanya sitelink adalah bahwa Google akan menentukkannya secara otomatis dari pada membiarkan kita (sebagai publisher) untuk memilih dan menentukkannya sendiri.

Dalam hal ini, sitelink dapat di ibaratkan menjadi pedang bermata dua: Jika kalian berharap agar Google menampilkan sitelink pada Website atau Blog kalian, percuma saja kalau kalian tidak dapat mengatur link yang ingin kalian tentukan sendiri.

Tetapi secara keseluruhan, Website atau Blog yang memiliki sitelink adalah suatu hal positif. Mengapa demikian? Mari kita simak beberapa alasannya.

Sitelink dapat Memberikan Nilai Lebih pada SERP

Jika kalian mendapatkan sitelink, maka kalian bisa mendapatkan enam link pada daftar SERP, ditambah dengan Search Box (Jika ada). Pada tampilan desktop, link yang ditampilkan memiliki ruang empat atau lima kali lebih banyak. Sementara pada tampilan mobile, link yang ditampilkan dapat memenuhi layar.
Sitelink pada Mobille


Hal tersebut adalah salah satu manfaat lebih untuk menurunkan hasil pencarian yang tidak relevan atau yang tidak diinginkan seperti artikel berita atau mention pada media sosial dan cenderung dapat membuat pengunjung langsung masuk kedalam website atau blog kalian.

Menurut beberapa sumber, tiga dari hasil pencarian mencapai 55% untuk langsung dapat di klik dan suatu website yang memiliki sitelink dapat meningkatakan click-through rate (CTR) atau rasio klik-tayang (RKT) pada hasil teratas mencapai 20%.

Sitelink dapat Memberikan Pilihan Bagi Pengunjung

Pengunjung yang mencari website kalian pada Google mungkin tidak ingin langsung masuk kedalam halaman utama. Sitelink pada SERP dapat memberikan mereka link langsung kedalam bagian lain pada website kalian dan mungkin sangat relevan bagi mereka atau dapat meningkatkan rasa penasaran mereka untuk masuk ke dalam bagian yang mungkin belum mereka ketahui.

Jika hasil SERP pada website kalian memiliki Search Box atau Search Bar, mereka dapat menggunakannya untuk dapat langsung masuk ke dalam halaman yang ingin meraka cari.

Cara Mendapatkan Sitelink

Cara terbaik untuk mendapatkan sitelink adalah membuat blog atau website yang berkualitas dan pastikan agar dapat di crawl (di rayapi) dengan mudah oleh Search Engine. Google sendiri menyebutkan bahwa kalian harus memperhatikan struktur website atau blog dengan baik atau Google tidak akan menampilkannya.

Beruntungnya, tahapan yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan sitelink adalah dengan meningkatkan kualitas SEO secara keseluruhan dan membuat struktur website atau blog kalian mudah untuk di navigasikan.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal seperti:

Membuat Nama atau Brand Website Menjadi Urutan Nomor Satu

Hal yang satu ini mungkin sudah banyak dimiliki oleh setiap publisher atau pemilik website atau blog, tetapi persyaratan dasar untuk mendapatkan sitelink adalah membuat nama brand atau nama website menjadi peringkat pertama ketika terdapat pengunjung yang mencara website atau blog kalian.

Ketahuilah bahwasannya Google tidak akan memberikan sitelink pada blog atau website yang berada pada peringkat kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya pada SERP.

Contoh, jika saya mencari suatu website dengan keyword "el creative academy", maka elcreativeacademy.com akan menempati posisi teratas dan akan mendapatkan sitelink. Tetapi tidak untuk website dibawahnya.

Tampilan Sitelink pada Desktop

Jika kalian ingin membuat website atau blog kalian menjadi di urutan pertama, saran saya kalian harus membuat nama atau URL seunik mungkin.

Membuat XML Sitemap

Sitemap adalah sebuah peta website yang dapat menampilkan daftar  halaman pada suatu website dan dirancang untuk pengunjung atau search engine. Dengan kata lain, dapat membantu mereka dalam menavigasikan suatu website.

Dalam hal ini, kita telah membicarakan tentang file yang disimpan pada server hosting website yang dapat memberitahikan search engine tentang struktur konten pada website kalian dan dapat membuat "Spider" dapat menjelajahi (crawl) website kalian dengan mudah.

Jika kalian memiliki website atau blog yang menggunakan platform Wordpress atau Blogger (entah dengan yang lain), kalian bisa duduk santai karena Sitemap sudah dan dapat dibuat secara otomatis dan dapat langsung di submit ke dalam Google Search Console.

Jadi seperti itulah tentang beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang cara agar kalian dapat memiliki peluang untuk mendapatkan sitelink. Singkatnya, perbaikilah kualitas blog atau website kalian, lakukanlah beberapa hal terpenting tentang SEO, dan aturlah Struktur website atau blog kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya