Ads by Yasya El Hakim
Firefox Developer Edition: Browser Terfavorit

Tidak lama ini, saya sering sekali menggunakan Firefox sebagai Browser utama sekaligus pendamping saya sebagai pengganti dari Chrome. Sebelum muncul Firefox Quantum, saya tidak pernah menggunakan firefox kecuali di Warnet yang rata-rata menggunakan browser yang sudah outdate.

Selain Firefox Quantum, Mozilla (Creator dari Firefox) juga tidak tanggung-tanggung untuk merilis versi barunya yang dinamakan Firefox Developer Edition. Versi inilah yang sering sekali bahkan telah menjadi Browser utama saya dan tentunya terdapat beberapa perbedaan dengan versi firefox yang biasa.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa saya beralih dari Chrome. Firefox Developer Edition adalah satu-satunya versi yang memiliki banyak fitur untuk Development. Dengan kata lain, versi biasanya tidak memiliki fitur selengkap Developer Edition.

Menurut saya, banyak sekali user biasa menggunakan browser yang memiliki tools untuk debugging dan inspect tetapi mereka tidak menggunakannya. Bisa jadi mereka tidak mengerti mengapa ada tools tersebut. Terdapat juga beberapa teman saya yang menanyakan tentang apa fungsi dari tools tersebut sehingga saya tidak bisa banyak menjelaskan.

Developer Tools yang ada pada Firefox Developer Edition terdiri dari banyak sekali fitur untuk memanipulasi halaman web. Kalian dapat mengedit, markup, styling, melihat local storage, dan masih banyak lagi. Kebanyakan tool tersebut dapat mengganggu bagi user yang tidak mengerti fungsinya, tetapi sangat berfungsi bagi para Developer.

Ketika melihat Developer Tool, mungkin user biasa akan langsung menutupnya. Mereka hanya melihat keindahan UI nya, performanya, dll.

Bagi kalian yang sering berkecimpung dalam dunia Web Development (Front-End), cobalah untuk menggunakan Firefox Developer Edition. User yang mengerti cara menggunakan tool yang ada di dalamnya akan merasa puas dan terbantu ketika menggunakannya.

Artikel ini ditulis karena terdapat rekan saya yang menanyakan browser mana yang lebih baik dan cocok digunakan sehari-hari maupun untuk proses pengembangan. So, mohon maaf jika tidak ada tutorial yang ada di artikel ini. Terimakasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya