Ads by Yasya El Hakim
Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Variabel dan Data - Bagian 2

Jika kita membuat sebuah tugas dalam bentuk Word misalnya, maka kita harus menyimpanya agar kita dapat menggunakanya lagi. Hal ini juga sangatlah penting dalam menulis sebuah kode. Untungya, JavaScript juga bisa melakukanya! Jika tidak, mungkin saya rasa kita tidak perlu menggunakan dan mempelajari JavaScript.



Sekarang, mari kita tanyakan nama lengkap kepada seseorang. Sebagai contoh, disini saya akan menanyakan nama kalian.

Oh iya, sebelum melanjutkan, pastikan kalian sudah membuka Console pada Browser untuk menjalankan contoh kode yang ada di bawah ini.
var namalengkap = prompt('Halo sobat, boleh kenalan, siapa namamu?');

Metode prompt() dapat kita gunakan untuk menampilkan dialog atau pesan pop up yang meminta pengguna untuk menuliskan teks kedalam input.

Ketika kalian sudah menuliskan kode diatas pada Console, maka akan muncul sebuah Kotak Pop-Up yang menanyakan "Halo sobat, boleh kenalan, siapa namamu?". Disanalah kalian dapat menuliskan nama kalian dan menekan tombol "OK".

Nama Lengkap yang sudah kalian masukkan sekarang sudah tersimpan pada Browser, dan ingatlah bahwasanya nama kalian tersimpan pada sebuah variabel yang bernama namalengkap. Kalian dapat melihat kembali apa yang telah kalian masukkan pada kotak Pop-Up tersebut dengan mengetikkan namalengkap kedalam Console. Jika sudah, kalian akan melihat hasilnya. Keren bukan?

Nah, disini kalian sudah berhasil membuat sebuah variabel dan nama variabel yang telah kalian buat adalah namalengkap.

Variabel

Bayangkan jika kalian ingin meletakkan buku pada rak buku. Pada contoh sebelumnya kalian sudah membuat sebuah variabel yang bernama namalengkap. Jadi, variabel yang bernama namalengkap itu bisa diibaratkan sebagai rak buku yang berfungsi untuk menyimpan data.

Kalian dapat membuat nama variabel dengan nama yang kalian inginkan. Tetapi, nama variabel yang paling baik adalah apa yang terkait dengan hal yang tersimpan didalamnya. Contoh: Jika kalian ingin menyimpan sebuah nama buku pada variabel, maka buatlah sebuah variabel dengan nama namaBuku.

Ketika kalian mengetikkan atau memasukkan nama variabel kedalam Console, itu artinya kalian sedang bertanya kepada Browser untuk mencari sebuah rak buku dan menemukan nama buku yang kalian cari. Pada JavaScript, nama buku yang kalian cari dinamakan dengan Nilai (Value). Nilai yang berupa huruf dinamakan String. Selain itu, kalian juga dapat menyimpan Nilai berupa angka dan data lainnya.

Jadi, Sebuah variabel harus memiliki sebuah nama dan sebuah nilai,

Itulah cara kita untuk menyimpan data pada JavaScript, dan saya yakin kalian akan sering menggunakanya.

Terdapat dua cara untuk membuat sebuah variabel, yaitu Deklarasi dan Inisialisasi. Ketika sebuah variabel sudah dibuat, kalian dapat Menetapkan/mengatur nilainya.

Deklarasi

Deklarasi (Declaration) merupakan suatu tindakan untuk menentukan sebuah nama variabel. Nah, seperti contoh yang sudah kita bahas diatas, untuk menentukan atau mendeklarasikan sebuah variabel, kita harus menggunakan Keyword var diikuti dengan nama variabel. Contoh:
var namalengkap;
var umur;

Catatan: Perhatikan bahwa terdapat tanda titik koma (;) di akhir nama variabel. Setiap akhir baris pada kode JavaScript harus memiliki tanda tersebut.

Inisialisasi

Inisialisasi (Initialization) merupakan suatu tindakan untuk memberikan nilai (Value) pada variabel.

Kalian dapat memberikan nilai pada variabel dengan menggunakan tanda sama dengan (=). Dengan kata lain "Nilai atau data dari variabel berada di sisi kanan dari tanda sama dengan". Contoh:
var nama = "Yasya";

Pada JavaScript, "Yasya" dinamakan String - itu karena nilai dari variabel berupa huruf. Sebuah String harus dikelilingi dengan tanda petik satu (') atau tanda petik dua (").

Lalu, bagaimana dengan contoh berikut?
var umur = 21;

21 Hanyalah sebuah angka - Sebuah nilai variabel yang berupa angka tidak perlu dikelilingi dengan tanda apapun.

Penetapan

Seperti yang sudah kita pelajari diatas, kalian dapat menambahkan variabel sebanyak yang kalian mau. Hal tersebut dinamakan penetapan (Assignment) dan dapat terlihat sama seperti Inisialisasi (Initialization). Lagi-lagi kalian harus menggunakan tanda sama dengan (=). Tetapi bedanya, kalian tidak perlu menetapkan Keyword var lagi karena kalian sudah menentukan sebuah variabel.

Contohnya seperti berikut:
nama = "Agung";
umur = 20;

Catatan: Jika kalian ingin melakukan penetapan, pastikan bahwa sebelumnya kalian sudah menentukan nama variabel (Keyword var).

Sebelumnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Menggunakan JavaScript - Bagian 1
Selanjutnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Matematika - Bagian 3
Daftar Isi: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar

2Komentar

  1. mas bisa ditambahkan penjelasan maksudnya dari 'prompt' itu apa dan fungsinya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sarannya mas, artikel sudah diperbarui dan sudah memiliki sedikit penjelasan tentang metode prompt().

      Hapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya