Ads by Agung Cahyadi
 
Sering kali calon pembeli smartphone merasa bingung jika hendak menentukan pilihan smartphone yang ingin dibelinya, karena berbagai alasan mulai dari segi dana yang dimiliki sampai terlalu banyaknya jenis smartphone yang murah dan makin canggihnya teknologi yang dimiliki sebuah smartphone itu sendiri. Sayapun terkadang merasa bingung sendiri karena alasan yang telah saya sebutkan, terkadang saya harus berkelana di dunia maya, tidak hanya dari satu sumber saja, saya berkelana di banyak situs hingga sampai 20 situs hanya untuk meyakinkan tekad saya untuk membeli sebuah smartphone yang ingin saya beli.



Artikel ini dibuat karena banyaknya calon pembeli yang merasa bingung saat menentukan pilihan dan berdasarkan pengalaman saya, perlu diingat, artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi kalian untuk menemukan smartphone idaman kalian, tapi tidak untuk dijadikan acuan utama dalam memilih sebuah produk smartphone. Langsung saja ke pembahasannya.

Apa Itu Smartphone?

Smartphone adalah sebuah pengembangan sebuah teknologi telepon genggam yang bisa melakukan pekerjaan menyerupai sebuah komputer, baik dari segi multi tasking, hingga membantu pekerjaan manusia baik sehari hari atau memantau sebuah bisnis yang dimiliki pemilik smartphone itu sendiri. Penggunaan smartphone didunia terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya, para developer smartphone pun berlomba-lomba menciptakan inovasi yang sangat bisa dibilang "Gila" dalam menemukan sebuah inovasi dan meciptakan tren pasar, baik lokal maupun internasional.

Apa Saja Fungsi Smartphone?

Komunikasi

Tentu saja, tujuan utama dibuatnya dari smartphone adalah sebagai komunikasi, khususnya komunikasi jarak jauh, kalian bisa berhubungan atau berkomunikasi dengan sanak saudara bahkan orang yang tidak kita kenal sekalipun.

Bisnis

Bagi para bussiness, baik sekala kecil maupun besar tentunya diciptakan smartphone, bisa untuk menentukan nilai pasar, menentukan sasaran pasar hingga memonitor harga saham secara realtime.

Hiburan

Sekarang ini fungsi smartphone bisa menjadi pengganti hiburan disaat tidak ada pekerjaan atau sekedar pereda lelah, bisa bermain game, bernyanyi, menonton video, bahkan bisa menonton saluran tv melalui aplikasi pihak ketiga.

Mencari Informasi

Bagi yang sering penasaran, smartphone cukup membantu untuk mencari informasi dan tentunya sangat mudah dan cepat.

Tips Memilih Smartphone

Sesuaikan budget yang dimiliki

Hal yang paling penting pertama adalah budget, karena jika ingin membeli sebuah smartphone kalian harus merogoh kocek agar bisa membawa pulang smartphone, no money no smartphone kecuali hadiah dari kuis atau hadiah dari pasangan idaman kalian. Jangan terlalu memaksakan jika kalian tidak merasa mampu membeli sebuah smartphone mahal, karena hidup tidak hanya untuk gengsi semata.

Sesuai Kebutuhan

Sebelum kalian menentukan pilihan smartphone, kaliah harus tahu terlebih dahulu untuk apa kalian membeli smarthpne, untuk game, multimedia, bisnis, alternatif video/photography, atau hiburan anak anak saja.

Game

Kalian harus mencari smartphone dengan spesifikasi terbaru seperti RAM, Storage, Processor, GPU dan Resolusi, Rate dan jenis Layar yang diusung sebuah smartphone.

Multimedia

Carilah smartphone yang spesifikasi disarankan untuk proses multimedia, biasanya berguna untuk Render, dan mengolah video dengan resolusi low, medium, dan high. Pilih Smartphone dengan spesifikasi Processor, RAM, dan Resolusi layar yang bagus, namun jika kalian mempunyai budget terbatas belilah dengan minimum untuk bisa rendering minimal bisa dikatakan lancar.

Bisnis

Untuk bisnis tidak perlu dspesifikasi yang bisa dibilang "Wah" karena untuk bisnis rata rata mengandalkan koneksi internet yang cukup dan tidak digunakan secara "Hard Core" secara signifikan.

Videographer dan Photographer

Sebisa mungkin tentukan smartphone yang mengunggulkan fitur Kamera, Processor, Resolusi Layar, dan Storage yang besar untuk menyimpan hasil potret si videographer, Usahakan pilih smartphone dengan 2 fitur utama yaitu OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS(Electric IImage Stabilization) karena fitur OIS dan EIS akan membuat video rekaman menjadi lebih stabil.

Hiburan Anak

Pilihlah smartphone yang mempunyai fitur software pemantau, digital wellbeing, untuk memantau aktifitas dan membatasi aktifitas anak dalam berselancar didunia maya yang sangat bebas mencari informasi baik positif maupun negatif.

Update Operasi Sitem

Pastikan sebelum membeli smartphone kalian harus mempertimbangkan yang satu ini, sebisa mungkin pilih smartphone yang menawarkan update rutin operasi sistem minimal untuk 2-3 tahun mendatang, karena setiap update memiliki improvement baik dari segi keamanan, kerahasiaan, pengoptimalan hardware terhadap software.

Chipset/IC Yang berkualitas

Selain fitur fitur yang ditawarkan produsen smartphone pilihlah Chipset yang sudah dijamin kualitasnya, seperti merk yang sudah melegenda seeprti Apple yang terkenal dengan kualitas hardware dan singkronasi antara software dan hardware yang handal atau Samsung yang sudah diakui kualitas chipset yang tahan banting untuk kelas high end, Atau Keluarga Xiaomi yang mengusung Chipset Spesifikasi tinggi namun lebih murah dibanding pesaing dikelasnya.

Material Yang Baik

Selain jeroan si smartphone, material external harus diperhatikan, karena material yang baik dan berkualitas bisa mencegah dan menahan beturan atau goresan ringan dan menentukan desain yang disukai calon pembeli.

Sparepart dan Aksesoris Yang Banyak di Pasar

Sparepart dan aksesoris penting karena jika smartphone kalian rusak tapi sparepart langka, kalian akan cukup kesulitan memperbaiki smartphone kalian, dan dari segi aksesoris penting seperti anti gores, pelindung body untuk melindungi material external agar tetap mulus terawat.

Service Center Yang Banyak

Seperti halnya saprepart, service center berguna sebagai pusat perbaikan dan layanan dari sebuah merk smartphone itu sendiri, baik klaim garansi, maupun perbaikan.

Garansi

Bagi kalian yang selalu was was tentang garansi, lebih baik kalian memilih yang bergaransi resmi dari merk smartphone dan hindari membeli smartphone dengan garansi distributor, karena pegurusan garansi akan lebih ribet dan susah.

Lihat Review dari Orang yang Pernah Membeli Smartphone

Review dari orang yang pernah menmbeli smartphone atau menggunakan smartphone yang ingin kalian beli itu sangat penting sebagai tambahan referensi untuk meyakinkan hati kalian.

Bertanya Dengan Orang Yang Berpengalaman Dibidangnya

Ini wajib bagi kalian yang masih awam terhadap smartphone, tanyalah kepada kenalan kalian apa saja keunggulan dan kekurangn yang ada di smartphone yang ingin kalian beli, dan mintalah saran seperti rekomendasi smartphone yang bagus.

Kesimpulan

Jika kalian hendak membeli smartphone jangan kalian membeli karena GENGSI semata dan tidak melihat kebutuhan yang lainnya, karena gengsi akan membuat kalian menghamburkan uang secara cuma cuma dengan hal yang tidak bermanfaat apalagi membeli dengan kredit, lebih baik mengumpulkan sebentar daripada kredit yang menggunakan bunga yang cukup tinggi, atau carilah smartphone dengan budget yang kalian miliki namun bekerja maksimal daripada harus membeli kredit.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya