Arduino

Setelah kita mengenal Mikrokontroler, Arduino dan cara menginstal ARDUINO IDE,  sekarang kita akan mengenal tipe data pada pemrogaman yang digunakan di ARDUINO IDE. Karena yang utama dalam program adalah memahami tipe data yang akan kita gunakan untuk pemrograman di ARDUINO IDE. Ada banyak tipe data yang digunakan untuk membuat suatu program dalam ARDUINO IDE, namun kali ini kita akan bahas beberapa tipe data yang biasanya sering di pemrogaman ARDUINO IDE yaitu : String, Boolean, Char, Integer, Long, dan Float . Yang akan kita bahas saat ini yaitu tipe data :
  1. String
  2. Boolean
  3. Char



Pembahasan

String

String yaitu tipe data yang digunakan untuk menuliskan karakter atau text, bisa berupa huruf, angka, atau karakter yang lain. String menggunakan memory mikrokontroler sebanyak 1 byte. Penulisanya pada program ARDUINO IDE yaitu String dengan “S” huruf kapital. Untuk penulisan setiap text data string harus diawali dengan tanda petik dua () dan juga di akhiri dengan tanda petik dua (). Contohnya : String text1 = “Dasar-dasar Arduino El Creative Academy”;. String juga biasanya digunakan untuk setiap Input/Output yang berbentuk text misalnya Output pada modul LCD (Liquid Cristal Display), menampilkan Karakter pada Serial Monitor, dan Output text lainya. (untuk pembahasan modul LCD dan cara menampilkan karakter pada Serial Monitor akan kita bahas pada artikel yang akan datang yaa), dan Output text lainya.


Contoh penulisan String

Boolean

Boolean yaitu tipe data yang digunakan untuk menentukan pilihan. Pilihan yang dimaksud yaitu pilihan kebenaran pada Program yang kita buat. Boolean menggunakan memory mikrokontroler sebanyak 1 byte. Boolean juga bisa digunakan sebagai saklar ataupun koreksi sinyal (signal correction) pada sistem dalam program yang kita buat. Boolean hanya mempunyai 2 pilihan data yaitu True dan false, dapat juga ditulis dengan simbol angka yaitu 0 dan 1. Boolean biasanya di tempatkan pada void setup ataupun penentuan variabel. Contoh penulisan tipe data Boolean dalam ARDUINO IDE yaitu : boolean nilaiLed1 = false; berarti nilai LED1 akan false atau 0 jika tidak mendapat perintah lanjutan apapun dari program selanjutnya yang kita buat.

Contoh penulisan boolean

Char

Char yaitu tipe data yang digunakan untuk membuat simbol data yang biasanya hanya 1 sampai 3 karakter. Penggunaan char dalam program ARDUINO IDE yaitu untuk membuat beberapa simbol program. Contohnya untuk membuat simbol perintah Input/Output untuk menjalankan program yang kita buat. Contoh penulisan tipe data char yaitu : char data = 0; artinya untuk kategori "data" selalu bernilai "0". Fungsi char yaitu menetapkan data dengan bilangan konstan yang diinginkan yang bersifat tetap, singkatnya untuk menetapkan jumlah simbol data dalam program.

Contoh Penulisan char

Baiklah mungkin itu dulu yang kita pelajari untuk tipe data pada Arduino untuk saat ini. Terus ikuti artikel ini jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang tipe data ARDUINO IDE. Semoga ilmu yang kami bagikan bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba dan terimakasih.
Jika kalian belum menginstal ARDUINO IDE, silahkan lihat artikel ini: Dasar Dasar dan Pengenalan Mikrokontroler Arduino (Untuk Pemula)

Artikel Selanjutnya : Dasar Dasar Arduino: Pengenalan Tipe Data di ARDUINO IDE (Integer, Long, Float) - Bagian 2
Daftar Isi : Dasar Dasar Arduino

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya