Dasar Dasar dan Pengenalan Mikrokontroler Arduino (Untuk Pemula) Part1

Kalian Semua pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah “Kecerdasan Buatan” yang biasa disebut dengan AI (Artivisial Intelegence) yang biasa digunakan pada industri industri besar di Indonesia ataupun luar negeri yaitu terkenal dengan sebutan Industri 4.0. Yang akan kita bahas diartikel ini adalah “Mikrokontroler” dan “Arduino” yang akan digunakan untuk membuat sistem kecerdasan buatan atau AI (Artivisial Intelegence) sendiri.



Mikrokontroler

Mikrokontroler merupakan komponen dasar dari suatu sistem komputer yang mempunyai bentuk jauh lebih kecil dari suatu komputer pada umumnya. Secara sederhana, komputer akan menghasilkan output yang konstan berdasarkan input yang diterima dan program yang dikerjakan. jelasnya, hal terpenting dari suatu sistem automatisasi atau komputer adalah program itu sendiri. Sistem dengan mikrokontroler umumnya menggunakan komponen input yang jauh lebih kecil seperti saklar atau sensor sensor input kecerdasan buatan. Secara umum input mikrokontroler hanya dapat memproses sinyal input analog dan digital dengan tegangan yang sama dengan tegangan logika dari sumber. Tegangan positif sumber umumnya adalah 5-12 volt.
 
Gambar Arduino UNO

 Arduino

Arduino merupakan mikrokontroler atau komputer mini yang dirancang untuk memudahkan manusia dalam pembuatan ataupun penggunaan suatu alat automatisasi. Hardwarenya menggunakan prosessor AT-MEGA dan softwarenya menggunakan bahasa pemrograman yang sederhana. Bahasa yang digunakan dalam Arduino ini cukup mudah yaitu bahasa type C atau C++ yang disederhanakan, dan menggunakan aplikasi ARDUINO IDE yang bisa didownload disini.

Arduino umumnya memiliki 14 pin input/output yang mana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM (pin 2-7), 6 pin digunakan sebagai analog input (pinA0-A5), 3 pin sebagai tegangan sumber, 3 pin sebagai GROUND. Arduino juga mengunakan komponen dengan crystal isolator 16MHz, port USB, jack power, kepala ICSP, dan tombol reset. Tanpa menggunakan driver karena sudah ada driver sendiri (bawaan) yang ada di dalamnya. Saat menginstal Aplikasi ARDUINO IDE harus menghubungkan Arduno port USB dengan PC menggunakan kabel USB biasanya didapatkan saat membeli perangkat Arduino agar otomatis dapat menginstal Driver saat penginstalan Aplikasi.

Interface Arduino IDE


Cara Menginstal ARDUINO IDE

  1. Download Aplikasi ARDUINO IDE disini.
  2. Jika sudah selesai, langsung instal Aplikasinya ke PC.
  3. Jangan lupa hubungkan port USB Arduino ke PC untuk menginstal Drivernya.
  4. Tunggu proses selesai dan ARDUINO IDE bisa digunakan.

Baiklah mungkin itu dulu yang kita pelajari untuk Pengenalan Arduino untuk saat ini. Terus ikuti artikel ini jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Arduino. Semoga ilmu yang kami bagikan bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba dan terimakasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya