Tutorial JavaScript Dasar: Menggunakan JavaScript - Bagian 1

Dengan mempelajari dasar dari JavaScript ini, kalian akan lebih mudah mencoba apa saja yang bisa dilakukanya.

Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Menggunakan JavaScript - Bagian 1

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan oleh JavaScript. Dengan mempelajari dasar dari JavaScript ini, kalian akan lebih mudah mencoba apa saja yang bisa dilakukanya.


HTML, CSS dan JavaScript

JavaScript dapat berjalan dengan menggunakan Web Browser dan biasanya dapat digabungkan dengan HTML dengan menyertakan tag <script>. Elemen <script> dapat terdiri dari kode JavaScript secara langsung (JavaScript Internal) atau tertaut dengan sumber dari luar melalui atribut src (JavaScript External).

JavaScript Internal

Kalian dapat meletakkan kode JavaScript didalam elemen <script>...</script>. Contoh:


<script>
    alert("Halo Semuanya");
</script>

JavaScript External

Sumber dari External JavaScript hanyalah sebuah file teks yang menggunakan ekstensi .js.

Untuk menambahkan file JavaScript kedalam halaman Website, kalian harus menggunakan tag <script> dengan atribut src yang tertaut dengan url file. Misalkan jika terdapat file yang bernama script.js dan file tersebut ada pada direktori yang sama dengan file HTML yang kalian miliki, maka elemen <script>dapat ditulis seperti berikut:


<script src="script.js"></script>

Console JavaScript

Console adalah salah satu jalan terbaik untuk mendapatkan atau melihat hasil kode yang telah kita buat secara langsung. Jika kalian ingin menguji kode JavaScript yang pendek/singkat, penulis sangat merekomendasikan kalian untuk menggunakan Console.

Jika kalian menggunakan Browser Modern seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll., kalian pasti akan menemukan salah satu tools yang (biasanya) dinamakan dengan Developer Tools. Tools ini dapat diakses dengan mengeklik kanan pada sebuah halaman Website, kemudian klik "Inspect Element". Cari tab yang bernama Console dan kalian pasti dapat menuliskan kode JavaScript disana, tekan enter pada Keyboard dan kode tersebut akan langsung berjalan.

Sudah Siap?

Jika kalian sudah siap untuk mempelajari Tutorial JavaScript Tingkat Dasar ini, maka pada bagian selanjutnya kalian akan mempelajari JavaScript dengan metode Inline. Kalian dapat memodifikasi/mengubah isi dari elemen script dan menjalankan ulang (Refresh) halaman untuk melihat hasil kode dari JavaScript.

Bagian Selanjutnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Variabel dan Data - Bagian 2.
Daftar Isi: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar

Semoga pada bagian selanjutnya kalian dapat memahaminya dengan mudah.

Diskusikan

0 Diskusi