Ads by Agung Cahyadi
Mengatasi "Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of The GPT partition style" Tanpa Format

Pernahkah kalian merasakan kebingungan saat menginstal muncul pop up "Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of The GPT partition style" tapi saat kalian mencari artikel cara mengatasinya semuanya menyarankan untuk memformat seluruh hardisk? untuk para teknisi mungkin sudah biasa mengani kasus ini, tapi ada juga yang belum tahu cara yang akan saya bahas kali ini, cara ini bisa dikatakan cukup sederhana untuk mengatasi "Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of The GPT partition style". Oke Langsung saja ke intinya.




Apa Itu MBR dan GPT?

Disk Master Boot Record (MBR) adalah disk yang memiliki berbagai sektor berisi data booting. Sektor pertama berisi informasi tentang disk dan partisi untuk OS yang digunakan. Biasa digunakan untuk BIOS standar dan mempunyai limit hardisk sampai 2 TeraByte. Disk GUID Partition Table (GPT) adalah standar untuk layout dari tabel partisi di hardisk, menggunakan Globally Unique Identifier biasa digunakan di Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) ingat, khusus UEFI. Satu kelebihan disk GPT adalah kalian bisa memiliki lebih dari empat partisi pada setiap disk. GPT juga diperlukan untuk disk yang lebih besar dari 2 terabyte.

kalian tidak bisa menggunakan partisi GPT pada media yang PnP atau pada disk cluster yang terhubung ke bus SCSI atau Fibre Channel yang digunakan oleh layanan Cluster.

Pada disk MBR, data partisi dan boot akan disimpan di satu tempat. Jika data ini ditimpa atau rusak, Seluruh isi Hardisk maka akan rusak pula. Tapi sebaliknya, GPT menyimpan banyak salinan data ini di seluruh disk, sehingga jauh lebih kuat dan dapat pulih jika data rusak.

Apakah Mungkin Mengubah GPT ke MBR (Sebaliknya) Tanpa Format?

Biasanya, ada tiga langkah bagi kalian untuk mengubah disk GPT ke MBR. Pertama, kalian harus memformat hard disk untuk menghapus semua partisi. Kedua, disk secara rahasia dari GPT ke MBR. Akhirnya, format ulang hard disk. Tetapi selama proses, kalian mungkin kehilangan data pada hard drive. Jelas, ini bukan cara terbaik untuk melakukan tugas konversi. Pada saat ini, banyak pengguna mungkin bertanya bagaimana saya bisa mengubah disk GPT ke disk MBR tanpa kehilangan data? Apakah ada cara yang memungkinkan mengubah disk GPT ke disk MBR tanpa memformatnya? Sebenarnya, di masa lalu, tidak mungkin untuk melakukannya. Karena tidak ada alat yang mampu mengubah disk dengan partisi dari GPT ke MBR. Tapi sekarang bukan itu masalahnya.

Masalah Yang Sering Dialami Jika Tidak Menggunakan Partisi Yang Sesuai

  • Jika kalian menggunakan hardisk tipe GPT maka kalian tidak bisa menginstall dengan bootable MBR, dan sebaliknya atau saat menginstal windows akan muncul tulisan "The selected disk is of the GPT partition style"
  • Jika kalian menggunakan hardisk MBR maka kalian tidak bisa memasang hardisk lebih dari 2 TeraByte.
  • Menggunakan hardisk GPT, kalian tidak bisa menggunakan versi windows yang lawas.
Untuk menangani permasalahan diatas perlu konversi jenis hardisk, namun saya melihat semua artikel yang terkait akan menyebabkan kehilangan semua data didalam hardisk, akan lebih ribet jika kalian harus membackup semua data, jika ukuran file hanya 12GB itu tidak masalah, tapi bagaimana jika file lebih dari 500GB bahkan sampai 1Terabyte?

Tutorial ini akan menjawab semua permasalahan itu, saya tidak akan menggunakan cara classic yang akan memformat seluruh isi dalam hardisk.

Langkah-langkah GPT ke MBR (Sebaliknya) tanpa format

Langkah 1: Hubungkan Hardisk yang ingin di install windows ke PC menggunakan konverter hardisk ke USB lalu Instal dan buka EaseUS Partition Master di komputer Windows kalian. Jika kalian mampu membeli versi Pro disarankan untuk membelinya, download disinijika belum menginstal.

Instal dan buka EaseUS Partition Master

Langkah 2: Klik kanan disk GPT yang ingin kalian konversi dan pilih "Convert to MBR". Kemudian, kalian akan menambahkan operasi yang tertunda.

Convert to MBR

Langkah 3: Klik tombol "Execute Operation" di sudut kiri atas. Selanjutnya, klik "Apply" dan mulai untuk mengubah disk GPT ke MBR. Semua data didalam hardisk akan aman.


Kesimpulan

Mengubah jenis partisi Hardisk tanpa harus memformat isi hardisk sangatlah mungkin dilakukan, hanya menggunakan software EaseUS Partition Master, EaseUS Partition Master merupakan software manajemen partisi yang saya rekomendasikan karena andal, bisa dipercaya, kuat, cepat, aman, dan mudah digunakan. Seperti yang dapat kalian lihat dari langkah-langkah di atas, kalian dapat berhasil mengubah hard disk dari GPT ke MBR dengan program ini dengan klik sederhana. Semua proses akan memakan waktu kurang dari lima menit. Jangan ragu untuk mencobanya mimin sudah mencobanya sendiri.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya