Ads by Yasya El Hakim
Cara Mengaktifkan Dark Mode pada Google Chrome

Belakangan ini, Google telah bereksperimen dengan fitur Dark Mode (Mode Gelap) pada Google Chrome Desktop maupun Mobile, tetapi tidak ada tombol atau checkbox untuk mengubah atau mengaktifkan fitur tersebut. Untuk mengaktifkan Dark Mode, kalian dapat melakukan cara yang berbeda-beda pada perangkat yang berbeda pula.

Terdapat beberapa alasan untuk mengaktifkan Dark Mode pada Chrome. Pada perangkat Mobile, fitur ini mungkin dapat mengkonsumsi daya baterai yang tinggi. Pada tahun 2018, Google mengkonfirmasikan bahwa aplikasi yang memiliki tampilan Gelap justru terlihat menarik dari pada tampilan terang.

Penggunaan Dark Mode dapat mengurangi penggunaan Blue Light yang mana dapat mengganggu waktu istirahat kalian. Jika sudah terganggu, maka kalian akan merasakan yang namanya sulit tidur.




Mengaktifkan Dark Mode pada Google Chorme di Windows 10

  1. Masuk ke menu Settings, pilih 'Personalization', klik 'Colors', pilih 'Choose your Default app mode'.
  2. Ubahlah menjadi 'Dark' dan semua aplikasi yang memiliki fitur Dark Mode, termasuk Chrome akan berubah warnanya tanpa merestart Browser yang kalian gunakan.

Mengaktifkan Dark Mode pada Google Chrome di macOS

  1. Buka 'System Preferences', klik 'General', pilih 'Appearance'.
  2. Pilih 'Dark'. Maka semua semua aplikasi yang memiliki fitur Dark Mode, termasuk Chrome akan berubah warnanya.

Mengaktifkan Dark Mode pada Google Chrome di Android

Sampai saat ini, fitur Dark Mode masih dalam proses Experimen. Untuk mengaktifkannya, masukkan teks chrome://flags pada Address Bar Browser.
  1. Pilih kotak 'Search Flags' dan ketikkan dark. Kalian akan melihat dua pilihan: 'Android web contents dark mode' dan 'Android Chrome UI dark mode'. Jika kalian mengaktifkan pilihan pertama, Chrome akan mendeteksi jika Pengembang dari suatu Website memiliki versi gelap dan akan memilih versi tersebut secara otomatis. Jika tidak memiliki versi gelap, Browser akan mengubah warna Website tersebut. Jika kalian mengaktifkan pilihan kedua, maka tampilan Browser akan berubah menjadi gelap.
  2. Pilih Menu pada Drop-Down di setiap pilihan tersebut dan ubahlah pengaturan menjadi 'Activated', kemudian Restart Browser kalian.
  3. Sekarang, bukalan menu Setting, pilih 'Themes' dan pilih 'Dark'. Jika kalian belum menemukannya, maka restart Chrome lagi sampai fitur tersebut benar-benar muncul.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya