Tutorial JavaScript Dasar: Loop (Pengulangan) - Bagian 6

Loop merupakan cara untuk mengulangi Block kode yang sama secara terus-menerus atau berulang-kali.

Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Looping (Pengulangan) - Bagian 6

Loop merupakan cara untuk mengulangi Block kode yang sama secara terus-menerus atau berulang-kali. Tentu saja hal tersebut sangatlah berguna dan akan selalu digunakan.

Terdapat dua jenis loop yang sering digunakan yaitu While Loop dan For Loop. Kedua jenis Loop tersebut dapat menggabungkan sebuah Conditional dan sebuah Block serta menjalankan Block secara berulang-ulang sampai logika dari Conditional tidak ada yang benar lagi (false) atau sampai kalian menyuruhnya untuk berhenti.


While Loop

While Loop dapat mengulangi sebuah kode ketika sebuah kondisinya adalah benar (true). Sama seperti statement if, Conditionalnya dapat ditemukan di dalam tanda kurung kurawal "{...}". Contoh:


var i = 1;
while (i < 10) {
    alert(i);
    i = i + 1;
}
// i sekarang menjadi 10

Setelah pengulangan telah selesai, kode tersebut dijalankan mulai dari setelah tanda tutup kurung kurawal "}".

Masih belum jelas? Jadi, While Loop diawali dengan mengevaluasi suatu kondisi. Jika kondisinya itu benar (true), maka Statement akan dijalankan. Namun jika kondisinya salah (false), maka Statement tidak akan dijalankan. Setelah itu, While Loop akan berakhir. Perhatikanlah contoh berikut:


while (KONDISI) {
    STATEMENT;
}

STATEMENT adalah suatu statement yang akan dijalankan selama kondisi yang di evaluasi itu benar (true).

KONDISI adalah adalah ekspresi Boolean (true/false) yang mana akan di evaluasi sebelum melewati setiap Loop atau pengulangan. Jika kondisi yang di evaluasi itu benar (true), maka Statement akan dijalankan. Ketika kondisi yang di evaluasi itu salah (false), maka pengeksekusian akan dilanjutkan dengan statement setelah While Loop.

For Loop

For Loop hampir sama dengan statement if, tetapi For Loop dapat menggabungkan pemisahan tiga tanda titik koma diantara tanda buka dan tutup kurung: Initialization, Condition dan hasil finalnya adalah Expression.

Bagian dari Initialization berfungsi untuk membuat sebuah variabel untuk melacak seberapa panjang pengulanganya - sama seperti i pada contoh while; kondisinya (Condition) adalah di mana logika pengulangan itu berjalan - sama seperti kondisi pada contoh while; ekspresi (Expression) terakhir dijalankan di akhir setiap loop.


for (var i = 1; i < 10; i++) {
    alert(i);
}

Jika kode diatas dijalankan pada Console Browser, maka kalian akan melihat kota Pop-Up dialog yang terdiri dari angka 1-10 yang berurutan.

Taukah kalian apa arti dari i++? Jadi, i++ itu sama dengan i = i + 1.

Jika kalian bingung, perhatikanlah contoh berikut:


for (INISIALISASI; KONDISI; EKSPRESI) {
    // STATEMENT
}

Statement for diatas terdiri dari tiga ekspresi dan sebuah Statement yaitu:

  1. INISIALISASI - Akan dijalankan sebelum eksekusi pertama pada Loop atau pengulangan. Ekspresi ini biasanya digunakan untuk membut Counter/Penghitung. Disini adalah letak variabel dibuat yang tertuju pada Loop. Ketika Loop berakhir maka eksekusinya akan dihancurkan;
  2. KONDISI - Ekspresi yang di cek sebelum pengeksekusian setiap iterasi. Jika dihilangkan, ekspresinya akan menghasilkan true. Jika memiliki nilai true, maka Statement Loop akan dijalankan. Namun ketika memiliki nilai false, Loop akan berhenti;
  3. EKSPRESI - Ekspresi yang dijalankan setelah setiap iterasi. Biasanya digunakan untuk menambahkan Counter. Tetapi juga dapat digunakan untuk mengurangi Counter;
  4. STATEMENT - Blok kode yang akan diulang pada Loop.

Sebelumnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Conditional - Bagian 5
Selanjutnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Fungsi (Function) - Bagian 7
Daftar Isi: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar

Diskusikan

0 Diskusi