Ads by Yasya El Hakim
Konsep Dasar Bahasa Pemrograman C++

Pada bagian ini, kita akan membahas dasar dari bahasa pemrograman C++ yang terdiri dari Syntax (Penulisan), Variabel, Operatoor, Tipe Loop, Pointer, referensi, istilah-istilah dan informasi tentang kebutuhan program dari C++.



Syntax dan Struktur Program C++

Disini kita akan membuat suatu program yang sangat simpel dan dasar untuk dapat menampilkan teks "Selamat Mempelajari C++" serta struktur dan rincian penggunaannya.

Membuat Program C++


#include <iostream.h>

using namespace std;
int main() {
  cout << "Selamat Mempelajari C++";
}


File Header berada di bagian paling atas sama seperti program pada bahasa pemrograman C. Pada kode diatas, iostream merupakan sebuah file header yang dapat menyediakan stream input dan output. File Header terdiri dari pustaka fungsi yang dapat digunakan oleh penggunanya.

using namespace std, berfungsi untuk memberitahukan compiler untuk menggunakan namespace standar (bawaaan). Namespace dapat mengumpulkan identifier yang digunakan untuk Class, Object, dan Variabel. NameSpace dapat kita gunakan dengan menggunakan dua cara - dengan menggunakan statement using diawal, seperti contoh kode diatas atau dengan menggunakan nama dari namespace itu sendiri sebagai awalan sebelum identifier dengan menggunakan operator scope resolution (::).

Contoh: std::cout << "A";

main(), merupakan sebuah fungsi yang menahan dalam pengeksekusian program dimana tipe dari return (pengembaliannya) adalah int.

cout<<, berfungsi untuk menampilkan segala hal kedalam layar, sama seperti printf pada bahasa pemrograman C. cin dan cout juga sama seperti scanf dan printf, perbedaannya hanyalah kalian tidak perlu menentukan formatnya.

Komentar pada Program C++

Untuk membuat satu baris komentar, kalian dapat menggunakan dua tanda garis miring "//" sebelum teks komentar. Contoh:

cout<<"Satu Baris";   // Ini adalah komentar satu baris


Untuk membuat beberapa baris komentar, kalian dapat menggunakan satu tanda pagar dan bintang "/*" untuk pembuka, serta satu tanda bintang dan tanda pagar "*/" sebagai penutupnya. Contoh:

/*Ini adalah
  tiga baris
  komentar */


Membuat Class pada C++

Nama dari Class harus diawali dengan huruf kapital (besar), dan harus terdiri dari data variabel dan fungsi member. Hal tersebut berguna untuk pengatar Class, kita akan membahasnya secara rinci pada bagian selanjutnya. Contoh:

class Contoh {
  int i; // Data Variabel
  void display() // Fungsi Member
  {
    cout << "Didalam Fungsi Member";
  }
}; // Class Berakhir Disini

int main() {
  Contoh obj; // Membuat Objek Class
  obj.display(); // Memanggil Fungsi Member dengan Objek Class
}


Contoh diatas merupakan cara bagaimana menentukan sebuah Class, ketika Class sudah ditentukan, maka objek akan segera dibuat dan fungsi member dapat digunakan.

Variabel dapat kita tentukan dimanapun pada program, tetapi harus dideklarasikan sebelum digunakan. Maka dari itu, kita tidak perlu mendeklarasikan variabel di awal program.

Jangan khawatir jika contoh-contoh yang telah saya berikan terlihat rumit untuk dipahami, kita akan masuk ke penjelasan pada bagian selanjutnya. OK!.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya