Goolge Play v2 - Template Blogger Paling Mirip dengan Google Play Store

Template atau Tema Blogger Mirip Aplikasi Google PlayStore.

Goolge Play v2 - Template Blogger Paling Mirip dengan Google Play Store

Goolge Play v2 merupakan Template Blogger penerus dari Goolge Play AMP yang bertemakan Material Design dan terinspirasi dari Google Play Store. Sebagai Developer, penulis tidak mengganggap bahwa template tersebut adalah template terbaik, karena semuanya bergantung pada kalian yang menggunakan template ini.

Tampilan Goolge Play V2

Goolge Play v2 tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu Goolge Play AMP, perbedaannya adalah Goolge Play v2 jauh lebih ringan (Walaupun Goolge Play AMP juga ringan) serta perbedaan antara AMP dan Non-AMP.

Dalam proses Development, Developernya sudah membubuhi segala hal yang berhubungan dengan SEO, mulai dari Responsive Design, Meta Tag, Schema markup dan optimalisasi lainnya.

Fitur Goolge Play v2

Fungsi dan fitur dari Goolge Play v2 dan Goolge Play AMP pada dasarnya sama, yang membedakan adalah fitur AMP dan Non-AMP serta kelebihan lainnya. Untuk fitur dari Goolge Play v2 juga tidak jauh berbeda dengan Template Blogger berniche Mobile App & Game Download lainnya, hanya saja disini saya sebagai Developer menerapkan segala hal yang bisa dibilang mirip dengan tampilan Aplikasi Google Playstore.

Fitur

Berikut beberapa fitur dari Goolge Play v2:

Responsive Design

Bekerja pada semua ukuran layar perangkat.

Fixed dan Multiple Header

Mulai dari Goolge Play AMP sampai Goolge Play v2 semuanya menggunakan Fixed/Sticky Header (Jika scroll tetap kelihatan) serta tampilan Header yang berbeda-beda pada setiap halaman.

Multiple Ads Slot

Apa kalian mambangun Blog untuk di Monetize? Tenang, di Goolge Play v2 terdapat banyak sekali slot iklan, mulai dari Homepage Atas, Homepage Bawah, Sidebar, didalah Artikel, Halaman Post, dll. Oh iya, Goolge Play v2 juga punya Shortcode untuk memindahkan posisi iklan, pokoknya mau meletakkan iklan bisa dimana saja. Tapi, kalau mau pasang iklan, jangan banyak-banyak ya, kasian visitornya.

Multiple Comment System

Bosan dengan komentar bawaan Google/Blogger? di Goolge Play v2, kalian bisa memakai alternatif lain seperti Disqus dan Facebook.

Stylish Default Widget

Default Widget dari Blogger seperti Featured Post, Blog Search, Blog Archive, Labels, Popular Posts, dll, semuanya sudah di percantik tampilannya.

New Custom Widget

Di Goolge Play v2 saya sudah membuat Custom Widget Seperti Block Post, Grid Post, Video Post, dll, dan semuanya bisa kalian gunakan dengan memasukkan Shortcode. Oh, iya kalian bisa melihat Screenshot dari masing-masing Custom Widget di bagian akhir artikel ini.

Post Share Button

Pada dasarnya sudah ada pada Blogger, tapi disini sedikit diubah, seperti tampilan dan perubahan/penambahan bebera Social Media.

Author Box

Pada dasarnya Author Box juga sudah ada, sama seperi diatas, hanya diubah dan dimodifikasi agar dapat meletakkan URL Media Sosial didalamnya.

Fixed Sidebar

Disini saya menggunakan jQuery Plugin yaitu TheIaStickySidebar. Jika kalian tidak suka Fixed/Sticky Sidebar, kalian juga bisa menonaktifkannya melalui Theme Editor.

Shortcode System

Developer tertarik dengan Shortcode pada Wordpress, ketika ingin membuat tombol, tidak perlu mengetik elemen HTML, hanya memasukkan beberapa teks sesuai dengan Shorcode yang tersedia. Ini adalah salah satu bagian yang menantang bagi Developer, karena hanya terdapat bebera sumber Open Source yang bisa digunakan. Akhirnya, Developer memutuskan untuk membuat Shortcode sendiri dengan menggunakan Regex (Regular Expressions). Adapun Shortcode yang bisa kalian gunakan pada Goolge Play v2 adalah Tombol, Alert Box, Custom Widget, Contact Form, Full Width Page/Post, dll.

Multilingual Support

Kebanyakan Developer Blogger Theme tidak menggunakan Markup dari Blogger dan tidak Supoort Semua bahasa. Di Goolge Play v2, jika kalian mengatur bahasa Blog ke Bahasa apapun, maka isi dari Template ini akan mengikuti bahasa yang kalian atur (Tidak termasuk Artikel dan Daftar link yang kalian input sendiri ya).

Fast Loading

Developer sudah pernah mencoba jQuery Plugin untuk mempercepat Loading Blog/Website, salah satunya adalah Lazyload. Setelah mencoba semuanya, Developer merasa tidak cocok dan memutuskan untuk membuatnya sendiri dan hasilnya sangat ok.

Theme Editor Support

Di Goolge Play v2, semuanya bisa diatur melalui Theme Editor, bahkan fungsi dari JavaScript pun bisa diedit melalui Theme Editor.

Premium Support

Tidak perlu dijelaskan lagi, kalau namanya Premium, mau konsultasi apapun pasti dilayani (Yang berhubungan dengan template terkait).

Lifetime Update

Kalian akan mendapatkan update secara rutin, walaupun hanya mengedit 1 CSS.

Info Lebih Lanjut Kunjungi: EL Creative Themes.

Updated: Friday, 05 March 2021

Tampilkan 7 Diskusi

7 Diskusi

Posting Komentar