Ads by Yasya El Hakim
Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Fungsi (Function) - Bagian 7

Function adalah Block kode yang dapat kita gunakan untuk membawa tugas tertentu atau untuk menjalankan kode jika kalian memanggil suatu fungsi tersebut.

Kalian dapat menyimpan suatu fungsi (Function) sebagai nilai dari variabel, dan Kalian juga dapat memanggil fungsi dengan menggunakan variabel tersebut dengan sepasang tanda buka dan tutup kurung. Hal ini dinamakan dengan pemanggilan (Invoking) fungsi.
lakukanSesuatu();
cariHalMenarik();

Untuk membuat suatu fungsi, kalian dapat menggunakan keyword function. Kemudian cantumkan argumen di dalam atau diantara tanda buka dan tutup kurung, lalu buatlah sebuah Block yang berisi kode dari suatu fungsi. Berikut adalah contoh fungsi yang dapat menambahkan dua angka:
var tambah = function (a, b) {
    return a + b;
};

a dan b merupakan parameter dari suatu fungsi, dan nilai yang dikembalikan/dihasilkan ditandai oleh keyword return. Keyword return juga dapat menghentikan pengeksekusian kode yang ada di dalam suatu fungsi;
var hasil = tambah(1, 2); // hasilnya akan menjadi 3

Pemanggilan tersebut ditambahkan dengan argumen 1 dan 2, yang ada di dalam variabel tambah dan kemudian akan disimpan ke dalam variabel a dan b.

Sebelumnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Looping (Pengulangan) - Bagian 6
Selanjutnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Object - Bagian 8
Daftar Isi: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya