Arduino
Setelah kita mengenal Mikrokontroler, Arduino dan cara menginstal ARDUINO IDE, dan sekarang kita akan mengenal tipe data pada pemrogaman yang digunakan di ARDUINO IDE. Karena yang utama dalam program adalah memahami tipe data yang akan kita gunakan untuk pemrograman di ARDUINO IDE. Ada banyak tipe data yang digunakan untuk membuat suatu program dalam ARDUINO IDE, namun kali ini kita akan bahas beberapa tipe data yang biasanya sering di pemrogaman ARDUINO IDE yaitu : String, Boolean, Char, Integer, Long, dan Float . Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang tipe data String, Boolean, dan Char. Yang akan kita bahas selanjutnya yaitu tipe data:
  1. Integer
  2. Long
  3. Float



Pembahasan

Integer

Integer tipe data yang sering diginakan untuk membuat variabel yang berbentuk angka (bilangan bulat). Rentang atau jaraknya adalah dari -32.768 sampai 32.768. Jika ingin membuat variabel angka yang tidak kurang dari -32.768, dan tidak lebih dari 32.768 maka dapat menggunakan tipe data Integer. Integer menggunakan memory dalam mikrokontroler sebanyak 2 byte. Penulisan dalam ARDUINO IDE yaitu: int nilai; (variabel harus diawali dengan huruf), dapat juga ditulis dengan menetapkan nilai variabel Integer yaitu: int nilai = 368; (penetapan variabel “nilai” adalah 368). Integer juga dapat digunakan sebagai penetapan atau penentuan pin yang kita gunakan pada board arduino, contohya: int led1Pin = 2; (pin LED1 yaitu terletak pada pin 2 di board arduino). Penggunaan variabel pada Integer juga dapat menetapkan pin dan membatasi nilai dari sensor yang digunakan pada sistem atau perangkat, dapat digunakan pada sensor Analog maupun sensor Digital. Cara penulisanya yaitu: int analogSensor1 = A0; artinya sensor Analog 1 berada pada pin A0 dan nilai dari sensor Analog 1 tidak kurang dari 32.768 dan tidak lebih dari 32.768. Jika nilai pada sensor tidak sesuai dengan ketentuan tipe data Integer maka secara otomatis mikrokontroler tidak akan membaca variabel dan perintah tidak akan dijalankan.

Cara penulisan Integer

Long

Long adalah tipe data yang sering digunakan untuk membuat variabel yang berbentuk angka (bilangan bulat), namun lebih jauh besar tentang atau jaraknya dibandingkan dengan Integer. Rentang atau jarak dari tipe data Long adalah dari -2.147.483.648 sampai 2.147.483.648. Dapat dikatakan tipe data Long yaitu tipe data dengan muatan rentang angka paling besar pada ARDUINO IDE. Jika ingin membuat variabel angka yang tidak kurang dari -2.147.483.648, dan tidak lebih dari 2.147.483.648 maka harus menggunakan tipe data Long . Long menggunakan memori dalam mikrokontorler sebanyak 4 byte. Penulisan dalam ARDUINO IDE yaitu: long nilai; (variabel haus diawali dengan huruf), dapat juga ditulis dengan menetapkan nilai variabel Long yaitu: int Long = 2.786.368; (penetapan variabel “nilai” adalah 2.786.368). Fungsi dari tipe data Long tidak jauh beda dengan tipe data Integer, hanya saja jumlah memori yang digunakan dan juga rentangnya lebih besar. Long akan digunakan jika menggunakan data yang rentangnya besar seperti pengaturan waktu unttuk penyimpanan data pada mikrokontroler dan lain lain yang berhhubungan dengan angka (bilangan bulat) yang rentangnya besar.

Cara penulisan Long

Float

Float adalah tipe data yang digunakan untuk membuat variabel yang berbentuk angka (bilangan real/desimal). Rentang atau jarak dari tipe data Float adalah dari -3,4028235 x 10^38 sampai 3,4028235 x 10^38 . Jika ingin membuat variabel angka yang tidak kurang dari -3,4028235 x 10^38 , dan tidak lebih dari 3,4028235 x 10^38 maka harus menggunakan tipe data Float . Float menggunakan memori dalam mikrokontorler sebanyak 4 byte. Penulisan dalam ARDUINO IDE yaitu: float nilai; (variabel harus diawali dengan huruf), dapat juga ditulis dengan menetapkan nilai variabel Float yaitu: float nilai = 36,8; (penetapan variabel “nilai” adalah 36,8). Jika ingin membuat variabel angka (bilangan real/desimal) yang kurang dari -3,4028235 dan lebih dari 3,4028235 maka akan digunakan tipe data Double, namun untuk tipe data ini lebih jarang digunakan karena rentang dari tipe data Float biasanya sudah mencukupi untuk kebutuhan variabel angka (bilangan real/desimal) dalam program ARDUINO IDE.

Cara penulisan Char

Baiklah mungkin hanya itu yang kita pelajari untuk tipe data pada Arduino untuk saat ini. Terus ikuti artikel ini jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang tipe data ARDUINO IDE. Semoga ilmu yang kami bagikan bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba dan terimakasih.

Jika kalian belum menginstal ARDUINO IDE, silahkan lihat artikel ini: Dasar Dasar dan Pengenalan Mikrokontroler Arduino (Untuk Pemula)

Artikel Sebelumnya : Dasar Dasar Arduino: Pengenalan Tipe Data di ARDUINO IDE (String, Boolean, Char) - Bagian 1
Artikel Selanjutnya : Dasar Dasar Arduino: Pengenalan Void, Void setup, Void loop, dan Serial Monitor - Bagian 3
Daftar Isi : Dasar Dasar Arduino

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya