Ads by Yasya El Hakim
Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Conditional - Bagian 5

Logika dapat kita gunakan untuk membuat suatu keputusan pada kode dengan memilih untuk menjalankan salah satu kode atau kode lain tergantung pada perbandingan yang dibuat. Hal ini sangat membutuhkan suatu hal yang dinamakan Conditional. Terdapat beberapa perbedaan Conditional yang bisa kalian gunakan, tetapi disini kita akan fokus pada salah satunya yaitu if.



If

Simpel sekali, Jika (If) logika (Suatu kondisi) adalah benar (true), maka jalankan sebuah kode. Kalian juga dapat menyediakan kode lain untuk bisa dijalankan jika kondisinya tidak benar/salah (false), serta menyediakan tambahan kode lain untuk bisa dijalankan (if-else).

Statement if yang paling simpel adalah seperti berikut:
if (10 > 5) {
    // Tulis suatu kode disini
}

Kode diantara buka kurung "{" dan tutup kurung "}" dinamakan Block, Block akan selalu terhubung dengan statement if dan hanya akan berjalan jika Conditional (Diantara buka dan tutup kurung) adalah benar (true).

Angka 10 tentu saja lebih besar dari angka 5. Jadi, kode yang ada diantara Block akan segera dapat dijalankan.

Oh iya, saya hampir lupa. Pada contoh kode diatas, kalian telah melihat dua tanda garis miring (//). Apakah itu? Dua tanda garis miring (//) tersebut adalah suatu komentar. Artinya, segala sesuatu yang ada setelah tanda tersebut akan diabakan atau tidak ada efeknya sama sekali pada Browser.

If-Else

If-Else dapat kalian gunakan ketika statement if akan dijalankan sebagai bagian alternatif dari kode jika Conditional adalah tidak benar atau salah (false). Kode yang ada di dalam Block if akan selalu diabaikan. Contoh - Hanya kode di dalam Block else yang akan di jalankan:
if (43 < 2) {
    // Jalan kode disini
} else {
    // Jalan kode yang berbeda disini
}

Sebelumnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Logika - Bagian 4
Selanjutnya: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar: Looping (Pengulangan) - Bagian 6
Daftar Isi: Tutorial JavaScript Tingkat Dasar

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya