Ads by Agung Cahyadi
4 Tips Menjaga Kestabilan Performa Windows

Menjaga performa komputer agar lebih stabil merupakan hal yang sangat mudah namun jarang dilakukan oleh orang yang bisa disebut awam mengenai komputer, saya ambil contoh teman saya kebanyakan dari mereka mempunyai laptop dengan spesifikasi yang bisa dibilang lumayan namun dalam segi software maupun hardware itu tidak pernah dirawat atau di maintenance akibatnya adalah performa laptop tersebut sangat turun karena kurangnya perawatan atau maintenance

Oke kali ini saya akan berbagi 4 Tips Menjaga Kestabilan Performa Windows di PC kalian agar lebih stabil.

Tips yang pertama, hal yang sangat jarang dilakukan oleh para user Windows adalah melakukan disk defragment. Tips ini bisa kalian lakukan minimal 1 bulan 1 kali atau 2 kali, tips yang satu ini berfungsi untuk menyusun kembali file-file dari sisa penginstalan yang tidak beraturan untuk disusun menjadi beraturan agar menjadi lebih mudah dibaca oleh hardisk. Jadi tidak ada lagi kata proses disk 100% yang akan membuat komputer kalian menjadi hang. Oke berikut ini cara defragment hardisk oke langsung saja ke TKP nya.
Hal yang pertama adalah Kalian harus masuk ke start menu lalu ketikkan defragment and optimize drivers lalu akan muncul aplikasinya klik saja seperti di gambar di bawah ini.

Search DEFRAGMENT AN OPTIMIMIZE DRIVES

Lalu akan muncul drives yang terpasang pada komputer kalian kalian, kemudian pilih semua drive yang terpasang tadi lalu klik optimize all, lalu program akan berjalan dengan sendirinya tunggu hingga beberapa saat tergantung seberapa banyak file-file yang terpencar. Usahakan jangan melakukan aktifitas multitasking saat melakukan defragging seperti menjalankan program aplikasi yang berat dan browsing.

Pilih Semua Drive dan Optimize All

Tips yang kedua adalah full scan rutin setiap minimal 2 bulan sekali, Tips yang satu ini adalah bertujuan untuk menscan file file yang terindikasi terkena virus yang memakan semua background proses sehingga komputer menjadi sangat lambat, oke langsung saja kita ke tutorialnya. Perlu diingat proses ini bisa memakan waktu hingga berjam-jam tergantung dari kapasitas hardisk kalian ya dan usahakan jangan melakukan apa-apa selama waktu scanning agar scanning berlangsung tanpa masalah yang berarti. dan yang perlu diperhatikan adalah usahakan komputer kalian jangan sleep selama proses scanning karena akan membatalkan proses scanning. Langsung ke tutorialnya.

Yang pertama adalah kalian harus membuka start menu lalu ketikan Windows security lalu klik saja aplikasi nya klik virus and threat protection lalu pilih scan option kemudian pilih full scan lalu klik scan now. 

Buka Windows Security
Pilih Menu Virus & Threat Protection
Masuk ke Scan Options
Pilih Full Scan dan Scan Now

Lalu setelah scan selesai yang harus kalian lakukan adalah ah hapus semua file file yang terindikasi terkena virus.

Lalu tips yang ketiga adalah usahakan hindari menginstal aplikasi antivirus dari pihak ketiga seperti SmadAV, Avira, AVG, dan lain-lain, gunakan saja Windows defender dan selalu update rutin.

Lalu tips yang keempat adalah menghapus cache dari aplikasi yang jarang dipakai usahakan jangan terlalu sering menghapus cache dari aplikasi yang sering dipakai, seperti browser, music player, video player, foto editor, dan lain-lain tergantung aplikasi mana yang sering kalian buka. Saya merekomendasikan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu CCleaner, oke langsung saja ke step tutorialnya.

Pertama kalian harus menginstal CCleaner terlebih dahulu jika kalian belum instalnya kalian bisa download aplikasinya disini.

Pilih tab custom clean lalu pilih tab application dan checklist aplikasi yang sering kalian pakai, di sini saya meng un-checklist Firefox agar tidak dilakukan cleaning cache.

Pilih Custom Clean lalu Klik Run Cleaner

Oke sekian dulu tips cara menjaga performa windows yang sangat mudah dilakukan tapi jarang dilakukan, sebenarnya ada banyak cara lain yang bias dilakukan tapi karena saya sering menggunakan metode yang seperti ini maka saya merekomendasikan kalian yang berkunjung ke sini untuk mencoba tips di atas. Terima kasih telah berkunjung di blog EL Creative Academy semoga tipsnya bisa membantu kalian semua yang mengalami performa yang turun pada windows kalian.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya