Ads by Agung Cahyadi
Cara Root Android Dengan Magisk

Apa itu rooting?

Rooting merupakan sebuah proses yang memungkinkan seorang user smartphone dan perangkat android lainnya untuk mendapatkan kontrol penuh atas sebuah device yang dimiliki oleh user. Salah satu proses rooting dapat dilakukan dengan menggunakan Magisk.

Apa itu Modul Magisk?

Magisk adalah alat yang digunakan seorang user untuk mendapatkan status root pada android yang bersifat open source, dan merupakan alternatif dari aplikasi software tetangga sebelah, yakni SuperSu.

Keunggulan Magisk

  • Akan memberi kalian ROOT,
  • Systemless Interface,
  • Modul Magisk support, dan
  • Hide dari banyak tes integritas seperti SafetyNet!

Kekurangan Magisk

  • Ada beberapa module Xposed Magisk yang tidak support diinstal,
  • Fitur hide Magisk tidak bisa dipakai jika kalian root menggunakan SuperSu,
  • Beberapa ROM tidak support diinstal Magisk.

Jika device kalian sudah terinstal TWRP atau Recovery lainnya, kalian bisa menggunakan langkah ini untuk diikuti. Langkah ini berhubungan dengan artikel ini, karena saya melihat banyak kasus, ketika TWRP sudah selesai diflash namun, tidak diinstall magisk. Yang terjadi adalah TWRP-nya menghilang begitu saja, permasalahannya adalah di Magisk yang tidak diinstall saat flashing TWRP.

Alat dan Bahan

  • Download Magisk Installer (Stable) disini.
  • Device yang terinstal TWRP, jika belum menginstal bisa lihat artikel ini
  • Disini saya menggunakan device Asus Zenfone Max Pro M1.
Note: Jika kalian sudah menginstal magisk, sangat direkomendasikan untuk mengupdate via Magisk Manager, tutorial ini hanya diperuntukan kalian yang belum menginstal Magisk!

Install Magisk

Yang pertama kalian harus masuk ke recovery mode terlebih dahulu, dengan cara tekan “Tombol Power + Tombol Volume Bawah” secara bersamaan hingga masuk ker recovery mode.

Masuk ke Recovery mode

Yang kedua masuk ke menu install.

Tap menu Install

Yang ketiga buka folder dimana kalian mendownload Modul Magisk, dan tap filenya.

Pilih file magisk yang sudah didownload tadi

Yang keempat swipe untuk memproses instalasinya.

SWIPE!! Tampilan proses saat instalasi Magisk

Yang kelima, pilih wipe cache, lalu reboot system.

Dianjurkan untuk melakukan Wipe Cache Reboot

Yang Keenam menginstal magisk manager, terkadang dibeberapa device sudah terinstal dengan sendirinya dan ada yang belum terinstal bisa kalian download disini.

Diatas adalah langkah rooting, dan saya simpulkan jika kalian melakukan flash TWRP sebaiknya kalian juga menginstal module magisk, jika kalian user yang aktif dalam oprek sebaiknya kalian me-root device kalian, tetapi jika kalian user yang sering melakukan pembayaran digital sebaiknya kalian jangan me-root device. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy, semoga tutorial diatas bisa bermanfaat, jika ada yang perlu dibantu silahkan komen dikolom komentar.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya