Ads by Agung Cahyadi
Cara Mengganti Heads Up Notifikasi Tanpa Root di Android

Selamat malam kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengganti heads up notifikasi Android tanpa root menggunakan bantuan komputer dan ADB disini saya menggunakan device Asus Zenfone Max pro M1 3/32 GB dan PC dengan Windows 10 dan seperti biasa jika Device kalian bermasalah atau tidak work silakan komen di kolom komentar, lanjut ke tutorialnya langsung saja.

Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai tutorial adalah
  • PC kalian harus sudah terinstal ADB Drivers, jika belum menginstal sialahkan lihat artikel Menginstal ADB dan Fastboot [WINDOWS]
  • Dan tentunya PC kalian yang sudah terinstal driver USB sesuai merk smartphone kalian, bisa dicari di website smartphone kalian masing masing.

Oke langsung saja ke tutorialnya yang pertama adalah kalian harus mengaktifkan USB debugging jika kalian belum tahu cara meng enable kan ada di artikel ini.

Tampilan USB Debugging

Yang kedua adalah kalian harus mengkonekkan device kalian ke komputer lalu buka command prompt atau CMD lalu ketikkan adb devices , ingat harus menggunakan huruf kecil jangan menggunakan huruf kapital.

Membuka CMD Melalui Run Window+R
List Device Menggunakan Perintah adb devices

Setelah device kalian telah terdeteksi maka hal selanjutnya adalah kalian harus mengetik perintah seperti ini adb shell settings put global heads_up_notifications_enabled 0 perintah ini digunakan untuk mendisable Heads Up notification agar tidak bertabrakan dengan aplikasi yang akan digunakan nanti, jika kalian ingin mengaktifkan Heads Up notification nya lagi kalian cukup ulangi step diatas dan memasukkan perintah seperti ini adb shell settings put global heads_up_notifications_enabled 1

Perintah Disable Heads-Up Notifikasi

Selanjutnya instal aplikasi yang bernama EDGE Mask di play store.

Install Aplikasi EDGE Mask

Kemudian setelah aplikasinya terinstal langsung saja kita eksekusi atau kita buka maka kalian akan disambut oleh permintaan permission untuk diaktifkan klik saja setting lalu aktifkan allow display over other apps seperti gambar di bawah ini.

Pop Up Display Overlay Enable Allow Display Over Other Apps

Kemudian kembali dan kalian akan di suguhi lagi oleh pop-up untuk mengaktifkan notifikasi access klik setting lalu aktifkan notifikasi akses untuk edge mask dan allow

Pop Up Request Notification Akses Proses Meng-enable Notifikasi Akses Untuk EDGE Mask

Lalu kembali lagi ke aplikasinya kalian akan disuguhi oleh pop up untuk mengaktifkan edge mask di accessibility klik saja setting lalu pilih edge mask lalu enable user service lalu klik ok.

Pop Up Untuk Izin Menggunakan Service Atas Device Pilih EDGE MASK Proses Meng-enable Service Untuk EDGE Mask

Setelah itu kembali ke aplikasi lagi dan pilih advanced setting.

Pilih Menu Advanced Settings

Lalu nonaktifkan blocking the system heads-up kemudian pilih saja I got it.

Matikan Fitur Blocking the System Heads-Up Konfirmasi Untuk Mematikan Fitur

Kemudian pilih Heads Up sesuai keinginan kalian

Kostumisasi Heads-Up Sesuka Hati

Jangan khawatir karena heads up didisable tidak akan menghilangkan sound notifikasinya. Step diatas dibuat agar kalian yang smartphone nya tidak di ROOT bisa merasakan betapa nikmatnya mengkustomisasi tampilan smartphone tanpa resiko bootloop. Sedangkan alasan saya mengikutkan step 1-3 padahal di aplikasi sudah ada pilihan untuk menyembunikan heads up notifikasinya adalah, karena saya menemukan bug di aplikasi EDGE Mask, ketika fiturnya block heads up di aplikasi diaktifkan maka akan bertabrakan dengan heads up custom, maka saya mengambil alternatif step 1-3 agar aplikasinya berjalan dengan mulus bebas hambatan.

Terimakasih telah berkunjung di blog EL Creative Academy semoga tutorial yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kalian yang berkunjung di blog EL Creative Academy. Selamat ber-ekspresi dengan tampilan device kalian!! SELAMAT MALAM.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya