Ads by Agung Cahyadi
Menggabungkan Partisi Hardisk di Windows Dengan Tools Bawaan

Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang membuat partisi hardisk pada windows, namun kali ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana menyatukan/menggabungkan partisi hardisk di windows menggunakan tool windows, tutorial ini bisa diaplikasikan menggunakan hardisk internal maupun hardisk eksternal. Menggabungkan partisi hardisk mempunyai manfaat agar hardisk terasa lega karena penambahan space hardisk.

Tips: Jangan menggabungkan drive untuk sistem dengan drive khusus data, karena akan memberatkan kinerja sistem dan mengganggu pengumpulan file system.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

  • Pastikan Pasokan Daya / Listrik untuk computer kalian aman dan stabil. Untuk mencegah kehilangan seluruh data dalam hardisk jika secara tiba-tiba terjadi mati listrik, ketika sedang melakukan proses membagian partisi.
  • Pastikan Map hardisk yang akan digabungkan partisinya harus bersebelahan.
  • Beberapa PC yang memiliki hardisk internal lebih dari satu yang dipasang di PC. Tidak bisa digabungkan partisinya, penggabungan partisi hanya bisa dilakukan dengan 1 hardisk.

Note: Lakukan backup terlebih dahulu pada hardisk yang akan digabungkan partisinya, karena langkah ini mengharuskan kalian untuk mengahpus partisi !!

Langkah Penggabungan Partisi

Pertama, masuk ke disk management dengan cara, klik kanan pada menu start, dan pilih disk management.

Buka Disk Management

Kedua, hapus partisi yang akan digabungkan dengan cara, klik kanan pada hardisk yang akan dihapus lalu pilih delete volume lalu pilih yes, disini saya akan menggabungkan partisi E: dan G:, maka saya hapus partisi G:

Klik Kanan >> Delete Volume
Konfirmasi Yes

Ketiga, kalian akan melihat drive Unalocated, lalu untuk menggabungkan drive unalocated menjadi drive E: dengan cara, klik kanan pada drive E: lalu pilih Extended Volume, lalu klik Next.

Drive Unalocated
Klik Kanan >> Extended Volume
Klik Next

Keempat, tentukan jumlah drive yang ingin digabungkan, default size adalah jumlah maksimum yang bisa ditambahkan, tambahkan menggunakan satuan Mega Byte (MB). Jika sudah langsung saja klik Next.

Tentukan Size Drive Yang Akan Ditambahkan

Kelima, klik Finish maka partisi unalocated akan otomatis telah tergabung dengan partisi E:,

Klik Finish
Partisi Telah Selesai Deigabungkan

Diatas adalah tutorial menggabungkan partisi hardisk di windows menggunakan tool bawaan dari windows, jika kalian mengalami kendala atau ingin berdiskusi silahkan komen melalui kolom komentar dibawah, terimakasi telah berkunjung di EL Creative Academy, semoga ilmunya bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Artikel Terkait: Membuat Partisi Hardisk Dengan Tool Window.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya