Ads by Agung Cahyadi
Mengenal Jaringan Komputer LAN

Apa Itu LAN?

Local Area Network yaitu kepanjangan dari LAN merupakan sebuah jaringan komputer yang menjangkau dalam wilayah yang relatif kecil saja. Biasanya LAN digunakan jaringan lokal saja seperti jaringan 1 gedung atau 1 ruangan, komplek bangungan. Namun, LAN bisa dihubungkan ke LAN lainnya pada jarak berapapun melalui gelombang radio ataupun modem maupun saluran telepon.

Sistem LAN yang terhubung dengan cara ini disebut Wide Area Network (WAN). Perbedaan antara LAN dan WAN adalah bahwa jaringan area luas mencakup area geografis yang relatif besar. Biasanya, WAN terdiri dari dua atau lebih jaringan area lokal (LAN) dan sering dihubungkan melalui jaringan publik.

Node pada LAN

Dalam sebuah jaringan, lokasi pemrosesan. Node dapat berupa komputer atau perangkat lain, seperti printer. Setiap node memiliki network address yang unik, terkadang disebut sebagai alamat Data Link Control (DLC) atau alamat Media Access Control (MAC).

Sebagian besar jaringan LAN menghubungkan workstation dan PC. Setiap node dalam jaringan LAN memiliki CPU tersendiri yang digunakannya untuk mengeksekusi program, tetapi juga dapat mengakses data dan perangkat di mana saja selagi masih berada di lingkup jaringan LAN. Artinya adalah bahwa banyak pengguna dapat berbagi perangkat, seperti printer laser, serta data. User juga dapat menggunakan jaringan LAN untuk berkomunikasi satu sama lain, dengan mengirim pesan atau terlibat dalam sesi obrolan walaupun tanpa menggunakan internet.

LAN mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sangat cepat, jauh lebih cepat daripada data dapat ditransmisikan melalui saluran telepon; tetapi jaraknya terbatas dan ada juga batasan jumlah komputer yang dapat dilampirkan ke satu LAN.

Jenis-jenis Local Area Networks (LAN)

Ada banyak jenis LAN yang berbeda, dengan Ethernet yang paling umum untuk PC. Karakteristik berikut membedakan satu LAN dari yang lain:

Topologi: Susunan geometris perangkat di jaringan, memiliki beberapa jenis topologi, yaitu: Point to point , Star, Ring, Bus dan Tree. Jenis jaringan LAN menurut topologi jaringan atau arsitektur jaringan meliputi
  • Ethernet adalah sebuah teknologi jaringan yang banyak digunakan dalam jaringan LAN berbasi kabel (wired network). Seluruh Ethernet LAN dikonfigurasi sebagai logical bus dan secara fisik dapat diimplementasikan dalam bentuk topologi bus atau star.
  • Token Ring adalah permulaan stkalianr LAN yang pernah dikembangkan IBM, menggunakan topologi ring dan metoda akses token passing.
  • Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah jaringan LAN token ring berkecepatan tinggi dan menggunakan kabel fiber optik.

CSMA/CD: yaitu kependekan Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection sebelum komputer mengirim data, komputer tersebut “menyimak/mendenga” dulu media yang akan dilalui sebagai pengecekan apakah komputer lain sedang menggunakannya agar tidak terjadi tabrakan data secara bersamaan (collision) hingga data yang dikirim tadi menjadi hancur. Namun bagi komputer pengirim data, dalam periode waktu tertentu maka komputer pengirim akan mengirim kembali data yang hancur akibat tabrakan tersebut. Jika dilihat dari jenis CSMA/CD maka jenis jaringan LAN meliputi.
  • Token Passing : Dalam token passing, digunakan suatu “tkalian (token)” yang akan dikirim secara “estafet” dari komputer atau node yang satu ke node yang lain. Sistem yang menerima token inilah yang berhak mengirim data dan setelah data dikirimkan maka token tersebut diteruskan ke node yang lain. Topologi ini mutlak harus berbentuk ring. Untuk menghindari masalah terhadap token yang tidak berguna atau token yang hilang maka diletakkan sebuah komputer yang bertugas sebagai pengontrol atau monitor.

Metode Transmisi: Perangkat dapat dihubungkan dengan kabel twisted-pair, kabel coaxial, atau kabel serat optik. Beberapa jaringan dilakukan tanpa menghubungkan media sama sekali, sebaliknya berkomunikasi melalui gelombang radio. Jika melihat jenis jaringan LAN berdasarkan media yang digunakan maka jenisnya meliputi
  • Baseband, pada metode baseband data yang berupa sinyal digital langsung dikirim pada media yang digunakan tanpa mengalami perubahan apapun. Sehingga jarak yang bisa dicapai data benar-benar bergantung pada kualitas media yang digunakan. Media hanya dapat digunakan secara tunggal dan perlatan yang dibutuhkan juga sederhana.
  • Broadband, data yang dikirimkan harus diubah dulu menjadi signal analog (mengalami modulasi). Sehingga pemakain media lebih efisien tetapi peralatan yang diperlukan lebih rumit, misalnya memerlukan modem frequensi radio (RF Modem).

Menyebarkan W-LAN (Wireless LAN)

Jaringan nirkabel relatif mudah untuk diimplementasikan akhir-akhir ini, terutama bila dibandingkan dengan prospek harus merutekan kabel ketika menggunakan jaringan kabel baru atau merombak yang sudah ada. Langkah pertama dalam merencanakan penyebaran LAN nirkabel adalah menentukan stkalianr teknologi jaringan nirkabel Kalian. Ingatlah bahwa stkalianr yang Kalian butuhkan untuk mengakomodasi titik akses dan router jaringan Kalian serta seluruh koleksi kartu antarmuka jaringan nirkabel (NIC) untuk komputer Kalian dan sumber daya jaringan lainnya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya