Ads by Agung Cahyadi
Install GCam Asus Max Pro M1

Cam2API adalah sebuah framework yang dibuat untuk memungkinkan seorang developer agar bisa mengakses fitur-fitur kamera seperti exposure, fokus, hingga iso. Developer akan bisa mengakses secara penuh untuk melakukan customize dan pengoptimalan pada software kamera buatan nya.

Sedangkan GCam mod merupakan software kamera bawaan Google Pixel yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh para developer agar bisa digunakan pada perangkat selain Google pixel biasanya developer membawakan fitur potret, HDR+ Enhanced sampai Night Sight atau mode malam.

Perlu kalian ketahui tidak semua smartphone Android compatible untuk diinstal GCam, sekalipun bisa diinstal GCam tidak akan bisa untuk memotret foto maupun merekam video. Biasanya smartphone dengan prosesor Snapdragon sudah mendukung untuk diaktifkan Cam2API. Karena saya menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1 versi WW maka saya akan memberikan tutorial untuk ASUS Zenfone Max Pro M1.

Agar kalian bisa menginstal GCam kalian harus mengaktifkan Cam2API terlebih dahulu

Bahan yang digunakan untuk mengaktifkan Cam2API

  • PC kalian harus sudah terinstal driver USB kalian masing-masing sesuai dengan merek smartphone kalian.
  • Fastboot, jika kalian belum menginstalnya silakan lihat artikel ini.

Langkah pengaktifan Cam2API

Yang pertama adalah kalian harus menghubungkan smartphone kalian ke PC dan masuk ke fastboot mode dengan cara cara tekan “tombol power + tombol volume atas” secara berbarengan hingga masuk ke fastboot mode seperti gambar di bawah ini.

Fastboot Mode "Power+VolUp"

Yang kedua adalah masuk ke ke command prompt atau CMD lalu ketikkan fastboot devices jika tidak terjadi error maka kalian bisa lanjut ke step selanjutnya.

Deteksi Fastboot Device

Yang ketiga yaitu mengetikkan kan fastboot oem enable_camera_hal3 true jika berhasil maka akan muncul tulisan OKAY seperti dibawah ini.

Pengaktifan Cam2API

Yang keempat adalah reboot fastboot dengan cara ketikan fastboot reboot maka device kalian akan restart dengan sendirinya.

Reboot Device

Yang kelima adalah mengecek apakah Cam2API berhasil diaktifkan atau belum, dengan cara instal Manual Camera Compatibility dan Camera2 API Probe, pastikan test result menunjukkan Hardware Support Level_3 atau Full karena jika limited atau legacy berarti smartphone kalian belum mendukung diinstal gcam.

Instal Manual Camera Compatibility Instal Camera2 API Probe Tampilan Test Manual Camera Compatibility Jika Berhasil Tampilan Test Camera2 API Probe Jika support Instal GCam

Untuk versi GCam silahkan cari disini, silahkan pilih sesuai merek smartphone kalian, jika kalian menggunakan smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 versi WW seperti saya sarankan kalian menggunakan GCam Arnova yang minim Bug. Step diatas coba kalian pakai di device lain siapa tau work, bisa kalian share pengalaman kalian dikolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di blog EL Creative Academy, semoga tutorialnya berfaedah.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya