Ads by Agung Cahyadi
Menginstal ADB dan Fastboot

ADB merupakan sebuah program client-server yang biasa digunakan dalam pengembangan aplikasi pada Android, biasanya digunakan untuk mengatur perangkat Android merupakan bagian dari SDK Android yang terdiri dari client daemon dan server. Sedangkan Fastboot merupakan tools yang dirilis pada paket Android SDK berfungsi sebagai alternatif untuk melakukan instalasi update atau recovery, sedangkan Fastboot Mode merupakan protokol yang biasa digunakan dalam flashing ulang di Android. Mungkin kalian yang sering mengoprek Android pasti familiar dengan kata ADB dan Fastboot, ada banyak macam cara menginstal ADB dan Fastboot, salah satunya adalah menggunakan 15 Seconds ADB installer atau Minimal ADB and Fastboot disini saya sering menggunakan kan installer 15 Seconds ADB installer karena pada installer tersebut merupakan installer all-in-one, jadi saya rekomendasikan untuk memakai installer 15 Seconds ADB installer agar mudah dalam instalasinya.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang saya gunakan dalam instalasi ADB dan Fastboot adalah

Ya, kalian tidak salah baca dan saya tidak salah ketik, memang hanya itu saja bahan yang kita butuhkan dalam proses instalasi ADB dan Fastboot karena Google Driver dari SDK yang teranyar telah disematkan pada installer tersebut, langsung saja kita ke langkah instalasinya.

Step Instalasi

Yang pertama kita buka dan mengekstrak file yang telah didownload tadi.

Extract Hasil Download

Kemudian yang kedua jalankan installer menggunakan Run As Administrator.

Jalankan Installer Menggunakan Run as Administrator

Lalu yang ketiga akan muncul dialog seperti dibawah ini ketik “Y” lalu Enter untuk menginstal ADB dan Fastboot 

Proses Intalasi ADB Dan Fastboot

Selanjutnya yang keempat ketik "Y" lagi, lalu tekan Enter untuk menginstal ADB System Wide.

Ketik "Y" Untuk Menginstal ADB System Wide

Kemudian yang kelima tekan "Y" lalu kemudian Enter kalian akan menjumpai dialog untuk meng-install Driver Google klik saja Next lalu biarkan proses berjalan dengan sendirinya.

Instalasi Driver Google dari SDK
Instalasi Driver Google dari SDK

Setelah itu yang keenam adalah klik Finish jika kalian muncul notifikasi untuk menginstal Driver klik saja Install lalu klik Finish.

Dialog Installer Driver Google

Langkah ketujuh mengecek penginstalan tadi berhasil atau tidak buka command prompt atau CMD lalu ketikkan adb version menggunakan huruf kecil bukan huruf besar, jika muncul Android Debug Bridge Version seperti gambar di bawah ini maka instalasi berhasil.

Cek Keberhasilan Instalasi

Tested on Windows 10 Pro, terimakasih telah berkunjung semoga ilmunya bisa diterapkan, jika ada yang perlu dibantu jangan sungkan untuk komen di kolom komentar.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya