Ads by Agung Cahyadi
Cara Menghilangkan dan Mengganti Navigasi Bar di Android

Halo selamat malam para netizen yang budiman, pada malam hari ini saya akan memposting sebuah tutorial namun bukan pada Windows melainkan pada Android, pernahkah kalian ingin menghilangkan atau mengganti navigasi bar yang sangat klasik atau lawas dan membosankan, ingin mencoba dengan menggunakan gesture tapi belum pernah mencobanya karena ragu ataupun tak tahu? Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghilangkan dan mengganti navigasi bar menggunakan kan aplikasi XDA Navigation Gesture, disini saya menggunakan device Asus Zenfone Max pro M1 ram 3GB dan storage 32 GB dengan ROM Pixys OS Pie. Tanpa banyak bicara langsung saja kita ke TKP nya saja. 

Pastikan kalian telah menginstal syarat utama dibawah ini dikomputer kalian:

Hal yang paling utama dan paling pertama tentu saja kita siapkan aplikasi XDA navigation bar, bias langsung saja search di Play Store atau download aplikasi yang premium di sini
 
Instal Aplikasi XDA Navigation Gesture 

Selanjutnya tancapkan device ke komputer dan masuk ke mode USB Debugging jika kalian belum mengaktifkan USB Debugging berikut adalah caranya.
Pertama-tama kalian harus masuk ke mode Developer Option dahulu dengan cara masuk ke setting lalu pilih About Phone (Tentang Ponsel) lalu tap Build Number sebanyak 7 kali atau 12 kali hingga muncul tulisan Anda telah masuk ke dalam Mode Developer.

 Langkah Setting Pengaktifan Developer Option Build Number Tap 7x

Lalu kembali, kemudian masuk ke Sistem lalu masuk ke Developer Option lalu Allow Usb Debugging lalu klik ok, maka USB Debugging kalian telah aktif.

 Masuk Ke System Masuk ke Developer Options Pengaktifan USB Debugging

Lalu lanjut ke step selanjutnya posisi device masih tekoneksi ke komputer dan USB Debugging aktif lalu kita beralih ke Windows dulu, disini saya menggunakan versi Windows 10, bisa kalian coba di Windows versi lain ya kalau berhasil silakan komen di kolom komentar dibawah ini, kembali ke topik, silakan Anda tekan kombinasi tombol Windows+R lalu ketikkan CMD.

Cara Masuk Ke CMD atau Command Prompt

Lalu di situ akan muncul tampilan seperti dibawah ini Lalu kalian ketik adb devices dengan menggunakan huruf kecil semua ya jangan huruf kapital.

Adb List

Kemudian setelah device kalian terdeteksi maka lanjut ke step selanjutnya yaitu ketik
adb shell pm grant com.xda.nobar android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS 

App Grant Permission

Setelah sukses pada step di atas, kita lanjut ke step berikutnya yakni membuka aplikasi Xda Navigation Gesture kemudian Grant Accessibility Service dengan cara klik Grant kemudian pilih navigation gesture lalu enable Use Service lalu klik ok.

 Grant Accessibility Service Pilih Navigation Gesture Enable Service

Setelah selesai kembali ke aplikasi lalu geser-geser hingga terbuka aplikasinya Enable Gesture Pil untuk mengaktifkan pill navigasi dan Hide Navigation Bar untuk menyembunyikan navigation bar untuk setting gesture silakan kalian customized di menu setting sesuai selera kalian.

 Tampilan Aplikasi XDA Navigation Gesture

Oke itu saja tutorial hari ini dan perlu diingat pastikan Hide Navigation Bar sebelum aplikasinya di uninstall, terima kasih telah berkunjung di blog EL Creative Academy semoga tutorial yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kalian yang berkunjung di blog EL Creative Academy. Saya ucapkan selamat malam.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya