Ads by Yasya El Hakim
Blogging nggak Cuma Harus Nulis!

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa Blogging hanya menulis dan publish, tapi menurut saya, semua itu salah. Pada artikel kali ini saya sengaja tidak membahas tentang tutorial, melainkan hanya untuk memberikan materi saja.

Sebenarnya, artikel ini lebih cocok di publikasikan pada Blog pribadi saya. Karena artikel ini masih berhubungan dengan Teknologi Informasi, maka sangat diperbolehkan sekali untuk mempublikasikanya disini.

Oke, kita masuk ke topik yang akan kita bahas yaitu Blogging Nggak cuma Harus Nulis. Saya rasa lebih tepatnya adalah Blogging nggak harus BISA nulis, Mengapa? Pada dasarnya, semua orang bisa menulis, merangkai kata, dan sebagainya. Eits, bukan cuma itu. Blogger (Khususnya yang menulis tentang Tutorial) harus memiliki pengalaman dan keahlian yang ingin ia bagikan. Artinya, setiap artikel tutorial yang kalian buat harus benar-benar bekerja dan berjalan dengan lancar.

Uang, Uang, dan Uang

Di EL Creative Academy, penulis atau Author nya memiliki keahlian masing-masing. Ada yang menguasai Troubleshoting Android, Teknik Komputer, Troubleshoting Windows, Linux, Internet dan Jaringan, Pemrograman, Development, SEO, dll. Tidak hanya itu, setiap artikel yang ingin dipublish, harus di Review terlebih dahulu oleh Admin. Apakah artikel tersebut mengandung SARA atau tidak, Apakah artikel tersebut masih masuk kedalam kategori Teknologi Informasi atau tidak, dan lain sebagainya. Jika tidak masuk kedalam kriteria, maka Admin dari EL Creative Academy memiliki hak penuh atas penolakan artikel yang di buat oleh Penulisnya. Jika lolos, Penulis akan mendapatkan Lencana yang merupakan sebuah penghargaan bagi penulis.

Menulis memang hal yang mudah, tapi jangan sampai kalian asal tulis, apalagi Copy Paste (Copas). Sebenarnya saya tidak pandai menulis, dan artikel ini sebenarnya hanya sebuah perkataan dan pemikiran saya yang diubah menjadi tulisan. Selama menulis, saya tidak pernah memikirkan materi yang bisa saya dapatkan, bisakah saya mendapatkan uang dari menulis? saya tidak tau dan saya belum mengharapkan itu. Saya yakin penulis yang ada di EL Creative Academy juga sepemikiran dengan saya, Mengapa? Kalau mereka mengharapkan materi, mereka tidak akan mau menulis disini karena mereka tidak diberikan imbalan apapun.

Keuntungan Dunia dan Akhirat

Berhubungan dengan artikel tentang tutorial atau berbagi ilmu, saya semakin teringat dengan perkataan rekan Blogger saya yang bernama Mas Rinaldo, dia adalah Blogger Lampung sama seperti saya, yang memiliki minat dan bakat dalam berbagi ilmu. Dan saya yakin, dia juga belum memikirkan penghasilan yang bisa ia dapatkan dari Blogging, Bagaimana tidak, Blognya sendiri sudah diterima 100% menjadi publisher Iklan, tetapi dia tidak menampilkan iklan apapun di Blognya. Dia sangat peduli kepada pengunjung dan lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung. Dari sanalah sudah terbukti bahwa dia belum memikirkan materi yang bisa ia dapatkan. Dari situlah saya mengingat perkataan yang ia sampaikan kepada saya:

Blog tentang tutorial itu bakal panjang umur, tidak seperti Blog berita, yang hanya dicari ketiga sedang viral.

Nah, dari perkataan itu saya mulai sadar dan semakin semangat. Kita bisa ambil kesimpulanya bahwa Ngeblog tentang tutorial atau berbagi ilmu itu bisa mendapatkan dunia dan akhirat. Enak toh? Dunia dapet, akhirat dapet. Emang, di dunia dapet apa? Pertama, kita bisa mendapatkan uang (Walaupun kita tidak mengharapkan), kita bisa mendapatkan popularitas, kita bisa mendapatkan Feedback postif dari pengunjung (Selama artikelnya benar), dan lain sebagainya. Terus, di akhirat dapet apa? Blog khusunya tentang tutorial atau berbagi ilmu itu masuk kedalam Pahala Jariyah, semakin banyak digunakan dan dibaca oleh pengunjungnya, maka pahala yang didapat semakin mengalir. Bukan cuma itu, kalau kita sudah meninggal pun, selama ilmu yang dibagikan masih bermanfaat dan berguna, pahala itu bakal tetap mengalir.

Hati-Hati!

Blogging gak perlu nulis, Copy Paste yang sudah adapun bisa dikatakan Blogging. Hati-Hati, tidak ada untungnya sama sekali jika kalian menggunakan teknik itu, Sepintar apapun kalian tidak akan bisa menipu algoritma Google. Google tidak sebodoh yang kalian kira, mungkin di pikiran kalian Copy Paste, Rewrite, dan semacamnya itu aman. Ketahuilah, Google itu Korporasi yang sudah memikirkan hal itu sebelum kalian melakukannya. Itu baru di dunia lho, coba kita ngomongin akhirat. Tenang, kalian bakal dapet pahala kok, tapi pahala yang paling banyak tertuju pada korban kalian.

Hati-Hati, Blogging itu identik tentang Sharing, entah itu bersifat ilmu pengetahuan atau pengalaman pribadi. Blogging bukan tempat untuk Sharing tentang hal-hal yang negatif seperti Download Software atau Aplikasi Bajakan, Film, Video p**no, dan lain sebagainya. Kalian yang memiliki Blog seperti itu, harus memikirkan kedepanya. Asal kalian tau, kalian TIDAK BERHAK atas apa yang kalian bagikan. Terserah jika kalian tidak setuju dengan pemikiran saya, karena saya tidak berhak untuk mengatur kalian. Memang, awalnya kalian mendapatkan banyak keuntungan dunia, tapi akhirnya? Tergantung pemikiran kalian sajalah.

Akhir Kata...

Entahlah, artikel ini cocok dengan judul atau tidak. Saya hanya menulis, kalian yang membaca. Jika kalian membaca sampai selesai, artinya kalian penasaran dengan hal yang saya tulis, jika tidak membacapun tak masalah.

Jika terdapat tutur kata yang kalian anggap mengecewakan, salah, atau bersifat menyindir, saya mohon maaf. Karena saya hanyalah manusia yang tak luput dari dosa (Hehehe).

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya