Ads by Yasya El Hakim
Shortcode untuk pengguna Blogger

Shortcode merupakan suatu bentuk kode yang dapat kalian gunakan tanpa menulis kode apapun. Tujuan dari adanya Shortcode (Setau saya) berawal dari Wordpress yang memilki fitur Shortcode dan berfungsi untuk mempermudah penggunanya dalam membuat kode kedalam Postingan, Halaman, Widget, dll tanpa menulis sedikitpun kode. Pada Wordpress, untuk embed video tidak perlu menuliskan kode <iframe>, tetapi bisa dilakukan dengan menggunakan Shortcode berikut:

[video src="linkvideo.mp4"]

Tidak seperti Blogger, Wordpress memiliki fitur Shortcode Built-in yang terdiri dari Audio, Caption, Embed, Gallery, Video, dll. Jika masih kurang, penggunanya dapat menambahkan Plugin Shortcode API.

Biasanya, kalau kalian ingin menggunakan Shortcode, maka harus diawali dengan buka kurung "[" dan diakhiri dengan tutup kurung "]" atau "[/shortcode]".

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah saya sebagai penulis ingin memperkenalkan sedikit Shortcode yang dikhususkan untuk pengguna Blogger, diawali dari pembuatan Template Materia X2, pada template tersebut saya sudah membubuhi sedikit Post dan Widget Shortcode agar dapat digunakan dengan mudah. Adapun Shortcode yang dapat kalian gunakan pada Materia X2 adalah Block Post Widget, Grid Post Widget, Column Post Widget, dan Grid Video Post Widget. Untuk Post Shortcode, kalian bisa menggunakan Button, Contact Form, dll.

Berikut adalah contoh penulisan Shortcode (pada Materia X2) beserta hasil yang akan dirender:

Block Post Widget
[customWidget] -type=[blocks] -results=[5] -label=[recent] 
Block Post

Grid Post Widget
[customWidget] -type=[grids] -results=[3] -label=[recent] 

Column Post Widget
[customWidget] -type=[colleft] -results=[3] -label=[recent] 
Column Post


Video Post Widget
[customWidget] -type=[videos] -results=[3] -label=[recent]
Video Post

Dan masih banyak lagi.

Kalian bisa melihat halaman Kontak pada Blog ini. Disana saya tidak menuliskan kode sedikitpun. Hanya menulis teks:
[contact-form/]

Sama seperti halaman Tanya Jawab. Disana saya juga tidak menuliskan sedikitpun kode. Hanya menulis teks:
[accordion/]

Maka hasilnya akan seperti halaman tersebut.

Sebenarnya, saya ingin sekali membagikan plugin Shotcode untuk Blogger kepada kalian. Karena terhalang dengan beberapa Project yang sedang saya kerjakan, jadi Project (Shortcode) ini agak sedikit terbengkalai.

Diluar sana sudah ada salah satu Website yang menyediakan Shortcode untuk Blogger, tetapi tidak Open Source. Artinya, kita tidak bisa membuat Custom Shortcode sendiri. Tetapi, tenang. Disini saya sudah membuat Fungsi utama dalam pembuatan Shortcode, kalian bisa melihatnya di halaman Github saya.

Project tersebut adalah Open Source, jika kalian ingin berkontribusi, silahkan Fork Repository tersebut.

Mungkin kedepannya akan saya kembangkan lagi, saya tidak akan maju tanpa dukungan dari kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

10Komentar

  1. itu langsung ditulis aja gan shortcodenya apa harus install plugin dari github dulu ke bloggernya?(+_+)

    BalasHapus
    Balasan
    1. diapasang dari CDN bisa ditaro Inline juga bisa kok :D

      Hapus
  2. Abang kuliah jurusan apa?
    Ngapa mahasiswa terutama anak IT ada yang senang maim github? Saya ga tahu apa pentingnya, hal yg amat penting apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum kuliah dan semua saya pelajari secara otodidak. Fungsi utama dari Github adalah untuk saling berkontribusi. Sedangkan Github sendiri adalah sebuah Website hosting untuk Software Development Version Control.

      Hapus
  3. mantap gan... tpi kpn shortcode nya bisa dibagikan gan... kalo blh tau dimn tmpt beljar otodidaknya gan..? pngn juga bs bahasa pemogrman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah akan saya bagikan secara gratis mas, kalaupun ada yang mau kontribusi dalam development juga gapapa. Kalau mau belajar bahasa pemrograman dll yang berhubungan dengan IT. Kuncinya cuma 1 mas, paham bahasa inggris. Untuk referensi pembelajarannya bisa di W3School, Freecodecamp, Codecademy, dll. Inshaallah blog ini akan menyediakan materi serupa. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy

      Hapus
  4. tu lah yg jd kendala bg sy ni. ga pandai bhs inggris. mudah2n dsni sy bs bnyk bljar.
    oya gan, kalo sy liat, diblog agan ni dah dipasang ads ya,, pdhal doaminya blom tld. gmn cra nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang belum bisa bahasa inggris, inshaallah EL Creative Academy bisa jadi jembatannya mas. Untuk Adsens Alhamdullilah sudah pasang, kalo masalah adsense sih saya kurang paham mas. Mungkin karena semua konten disini asli ngetik sendiri, jadi lolos semua persyaratannya. Ada juga temen2 yang bilang kalau template juga berpengaruh, tapi saya juga kurang paham tentang itu.

      Hapus
  5. kayak kenal struktur templatenya yang digunakan

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya