Materia X2 - Responsive Material Design Blogger Template

Materia X2 Template terbaik? hmm, bukan. Materia X2 merupakan Template Blogger penerus dari Materia X yang bertemakan Material Design dan terinspirasi dari Google. Template/Tema ini dikembangkan oleh Yasya El Hakim. Dia tidak mengganggap bahwa template tersebut adalah template terbaik, karena semuanya bergantung pada kalian yang menggunakan template ini.

Setelah membuat lebih dari 10 template Blogger dan hanya beberapa yang saya publikasikan, Yasya El Hakim memutuskan untuk serius pada Materia X2 dengan cara memberikan Update secara rutin dan menambahkan fitur terbaru (Jika tersedia) karena Template ini selalu digunakan pada Blog Official (EL Creative Academy).

Materia X2 tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu Materia X, perbedaannya adalah Materia X2 jauh lebih ringan (Walaupun Materia X juga ringan). Untuk masalah SEO dan Monetize (AdSense), Developer tidak bisa menjamin kalau kalian bisa memiliki artikel yang berada pada posisi Page One di Google, atau langsung di Approve (Terima) menjadi Publisher Adsense, karena semua itu bergantung pada Konten yang kalian miliki, bukan template. Memang, Yasya El Hakim pernah membuat satu template (Materia Z) dan dalam hitungan jam, dia bisa diterima menjadi Publisher Adsense. Tapi itu semua tidak menjamin.

Mengenai SEO dari template ini, Yasya El Hakim juga tidak menjamin bahwasanya template ini SEO Friendly. Dalam proses Development, dia sudah membubuhi segala hal yang berhubungan dengan SEO, mulai dari Responsive Design, Meta Tag, Schema markup, dan optimalisasi lainnya. Loh, kenapa dia tidak mengangap bahwa template ini SEO Friendly? Sama seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, semua itu bergantung pada pemakai template ini, bukan Developer yang semena-mena mengatakan bahwa "template ini template terbaik", "template ini SEO nya paling bagus", "Template ini SEO Friendly, pokoknya paling terbaik", dll. Jika kalian ingin melihat Demo atau ingin menghubungi Developer, silahkan klik tombol berikut:
Materia X2 Premium Latest



Fitur Materia X2 Premium

Materia X2 Dark
Fungsi dan fitur dari Blogger pada dasarnya sama, yang membedakan adalah bagaimana Developer membuat dan memanfaatkan API serta Markup yang ada pada Platform yang digunakan. Untuk fitur dari Materia X2 juga tidak jauh berbeda dengan Template Blogger lainnya, hanya saja disini Yasya El Hakim memutar otak agar suatu fungsi yang jarang digunakan menjadi bisa diunakan.

Berikut beberapa fitur dari Materia X2:

Responsive Design

Responsive Design

Bekerja pada semua ukuran layar perangkat.

Fixed Header

Mulai dari Materia X sampai Materia X2 semuanya menggunakan Fixed/Sticky Header (Jika scroll tetap kelihatan).

Multiple Ads Slot

Apa kalian bikin Blog untuk di Monetize? Tenang, di Materia X2 terdapat banyak sekali slot iklan, mulai dari Hompage Atas, Homepage Bawah, Sidebar, di Artikel, di Halaman Post, dll. Oh iya, Materia X2 juga punya Shortcode untuk memindahkan posisi iklan, pokoknya mau meletakkan iklan bisa dimana saja. Tapi, kalau mau pasang iklan, jangan banyak-banyak ya, kasian visitornya.

Multiple Comment System

Bosan dengan komentar bawaan Google/Blogger? di Materia X2, kalian bisa memakai alternatif lain seperti Disqus dan Facebook. Tapi, Developer sangat menyarankan untuk memakai Komentar bawaan (Blogger), karena pada Template ini terdapat Comment Counter yang (Mungkin) hanya dapat menghitung jumlah komentar dari Blogger Comment System. Selain itu, tampilannya juga menggunakan versi terbaru.

Stylish Default Widget

Default Widget dari Blogger seperti Featured Post, Blog Search, Blog Archive, Labels, Popular Posts, dll, semuanya sudah di percantik tampilannya.

Brand New Custom Widget

Di Materia X2 saya sudah membuat Custom Widget Seperti Block Post, Grid Post, Column Post, Recent Post, Video Post, dll, dan semuanya bisa kalian gunakan dengan memasukkan Shortcode.

Post Share Button

Pada dasarnya sudah ada pada Blogger, tapi disini Developer banyak mengubahnya, seperti tampilan dan perubahan/penambahan beberapa Social Media.

Author Box

Pada dasarnya juga sudah ada, sama seperi diatas, Developer telah mengubah dan modifikasinya agar kalian dapat meletakkan URL Media Sosial didalamnya.

Fixed Sidebar

Disini Yasya El Hakim menggunakan jQuery Plugin yaitu TheIaStickySidebar. Jika kalian tidak suka Fixed/Sticky Sidebar, kalian juga bisa menonaktifkannya melalui Theme Editor.

Shortcode System

Developer tertarik dengan Shortcode pada Wordpress, ketika ingin membuat tombol, tidak perlu mengetik elemen HTML, hanya memasukkan beberapa teks sesuai dengan Shorcode yang tersedia. Ini adalah salah satu bagian yang menantang bagi Developer, karena hanya terdapat bebera sumber Open Source yang bisa digunakan. Akhirnya, Developer memutuskan untuk membuat Shortcode sendiri dengan menggunakan Regex (Regular Expressions). Adapun Shortcode yang bisa kalian gunakan pada Materia X2 adalah Tombol, Alert Box, Custom Widget, Contact Form, Full Width Page/Post, dll.

Auto Translate (Multilingual)

Nah ini salah satu hal yang perlu diperhatikan, kebanyakan Developer Blogger Theme tidak menggunakan Markup dari Blogger dan tidak Supoort Semua bahasa. Di Materia X2, jika kalian mengatur bahasa Blog ke Bahasa apapun, maka isi dari Template ini akan mengikuti bahasa yang kalian atur (Tidak termasuk Artikel dan Daftar link yang kalian input sendiri ya).

Fast Loaded

Developer sudah pernah mencoba jQuery Plugin untuk mempercepat Loading Blog/Website, salah satunya adalah Lazyload. Setelah mencoba semuanya, Developer merasa tidak cocok dan memutuskan untuk membuatnya sendiri yaitu menggunakan Intersection Observer, belum optimal sih, tapi OK kok.

Theme Editor Support

Semenjak bisa membuat Blogger Sendiri dan berpuluhan kali menggunakan template blogger GRATISAN (Bukan template bawaan ya, karena template bawaan rata-rata support semua), Developer sangat jarang melihat template yang support Theme Editor, semuanya diedit melalui HTML Editor, mulai dari Warna, Lebar Widget, Font, dll. Nah di Materia X2, semuanya bisa diatur melalui Theme Editor, bahkan fungsi dari JavaScript pun bisa diedit melalui Theme Editor.

Premium Support

Tidak perlu dijelaskan lagi, kalau namanya Premium, mau konsultasi apapun pasti dilayani (Yang berhubungan dengan template tsb).

Lifetime Update

Update, Update, dan Update. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Developer akan serius ke Materia X2 untuk melakukan Update secara rutin, walaupun hanya mengedit 1 baris CSS.

Performace

Score Google Page Speed

Developer juga tidak menjamin, walaupun dalam proses development dia selalu mengujinya, kadang mendapatkan Score 70% Mobile / 90% Desktop, kadang juga 81% Mobile / 95% Desktop, dan paling tinggi yang pernah di uji adalah 97% Mobile / 99% Desktop. Entahlah, kalian cek sendiri aja. (Kalau sudah pasang AdSense, beda pula Score nya).

GTMetrix

Disini Developer juga tidak menjamin, terakhir di cek adalah 96% PageSpeed / 98% YSlow.

Google Mobile Friendly

Sudah pasti Support dong.

Structured Data Test

Automated, Valid, dan No Error pokoknya, bisa cek sendiri.

Harga

Ini pertanyaan utama bagi peminat, melihat beberapa fitur yang saya buat dan tawarkan beserta proses Development yang bikin bosen alias pusing, untuk kali ini Materia X2 di bandrol dengan harga IDR. 350.000 (Rupiah Indonesia) atau $28 (Dolar Amerika) pukul rata, artinya tidak ada fitur perbedaan lisensi.

Untuk pembayaran dan ketentuan yang tidak tertulis, kalian bisa hubungi Developernya langsung melalui Whatsapp (Fast Response)

Informasi Kebijakan 

Berikut adalah beberapa informasi Syarat dan Ketentuannya:
  1. Mulai update v1.0.5, pemilik wajib menyertakan URL Blog/Website yang ingin menggunakan Materia X2 guna meningkatkan keamanan Source Code dan dapat digunakan sebagai Lisensi resmi. Adapun jumlah website yang bisa diterapkan tetap Unlimited (Tanpa batasan).
  2. Dukungan instalasi hanya berlaku sampai 3 bulan terhitung awal pembelian. Jika dalam jangka waktu 3 Bulan anda belum meminta dukungan, maka dukungan tersebut akan dihitung hanya sampai 3 kali.
  3. Update/Pembaruan Unlimited sudah tidak berlaku jika pembelian sudah mencapai 1 tahun. Jika jangka waktunya sudah habis, anda dapat membeli ulang dengan potongan harga 80%.
  4. Saran, masukan, pelaporan bug dan pelanggaran, serta Request penambahan Fitur bisa diajukan pada kolom komentar di bawah ini. Sedangkan dukungan/bantuan bisa langsung melalui Whatsapp.
  5. Request tidak dapat dilakukan perseorangan/personal, karena sudah masuk ke dalam kategori Custom Design. Jika mau, anda dapat Request Custom Design yang tentunya terdapat biaya tambahan.
  6. Pemilik Materia X2 diperbolehkan untuk mengedit dan memodifikasi. Tetapi tidak untuk menghapus kode/Script yang sudah ada.
Saya berharap agar Syarat dan Ketentuan diatas bisa diterima.

Changelog

5 - 27 September 2020 | v1.1.1 (Not Yet Released)
- Removed: Play Button on Slider/Carousel
- Changed: Features Toggle Values
- Changed: Placeholder Image Loader to Lazy Image Blur
- Updated: License Method
- Fixed: Post Slider/Carousel
- Fixed: Table of Contents
- Fixed: Accessbility
- Fixed: Search Button Input Focus
- Fixed: Nav Drawer Hide when TOC is Clicked (Mobile)
- Optimized: Markups
- Optimized: Post Slider/Carousel
- Updated: Block Post Style
- Updated: Grid Style
- Added: Selected Nav Marker (Border & Highlight)
- Added: Mobile Footer Menu Section
- Added: Post Image Zoom Overlay
- Added: Social Widget

01 - 13 August 2020 | v1.1.0
- Optimized: CSS
- Fixed: Dark Mode Toggle Delay
- Fixed: Background Contrast Ratio (Accessibility)
- Fixed: Enabling Zooming Option to Default (Best Practices for Accessibility)
- Removed: ARIA Hidden Attributes from any Link (Accessibility)
- Removed: Related Posts (Replaced with Read Also)
- Added: New Version of jQuery (Improved Security)
- Added: Automatic Table of Contents
- Added: Automatic Read Also Between Post
- Added: Ads Between Post Section
- Added: New Styles
- Added: Dark Mode Color Options
- Added: Homepage Post Slider with Options
- Added: New Blank Image (Placeholder)
- Improved: Overall Aspect like Performance, Accessibility, Best Practices, SEO, etc.

v1.0.9
not launched

21 - 29 April 2020 | v1.0.8
- Optimized: CSS
- Removed: Comment Settings on Theme Designer
- Added: Dark Mode Options
- Added: Post Image Loading Placeholder
- Added: External Link New Tab Icon
- Added: Index Post Label Category Options
- Added: Between Post Ads Section
- Added: Auto TOC (Table of Contents) Options

24 February 2020 - 02 April 2020 | v1.0.7
- Fixed: Prefixed CSS Vendor
- Added: Header Gradient Color Options
- Added: Gradient Header and Body Options
- Changed: Light Mode Icon
- Changed: Material Color Scheme
- Rearranged: Theme Designer
- Optimized: Sidenav
- Optimized: Social Background Color
- Optimized: CSS Prefix

31 January - 24 February 2020 | v1.0.6
- Removed: Blank Link Button
- Fixed: Navigation Drawer Position
- Fixed: Search Form for Small Device
- Optimized: Error 404 Page
- Optimized: New CSS Code
- Improved: Best Practices
- Improved: 100% Meta SEO Tag
- Improved: 100% Accessbility for All Elements
- Added: New Post Loader Style
- Added: New Header Box Shadow - Border on Scroll
- Added: New Styles for Comment Section
- Added: Search Input & Input Element Hover Animation Effect
- Added: Some Element Hover Effect & Transition
- Added: Additional Multilingual for Pagination
- Added: Alternative Font System
- Added: New Styles for Layout Panel
- Added: Ripple Effect Animations
- Added: Meta Viewport Enable/Disable Pinch/Zooming Options
- Added: Sitemap Plugin

20 - 23 January 2020 | v1.0.5 (Major Updates)
- Fixed: Some Error CSS
- Fixed: Header CSS Transition
- Fixed: Header Placeholder Color
- Fixed: Fluid Layout
- Fixed: CSS Table
- Fixed: Widget Spacing
- Removed: Unused Shortcodes
- Removed: Unused CSS
- Optimized: All CSS Styles!
- Optimized: Alert Shortcodes
- Optimized: Dark Mode
- Optimized: Comment Systems. Blogger, Disqus, and Facebook
- Changed: Block Video Widget Icon
- Changed: Code Structure
- Added: New Blogger Comments System
- Added: Footer Homepage URL
- Added: Automatic Footer Year Copyright
- Added: New Style of No-Image SVG Thumbnails
- Added: Sidebar Sub-Menu Rotate Animation & Transition
- Added: Syntax/Code Highlighter Features

05 - 09 November 2019 | v1.0.4
- Fixed: Some Error CSS
- Fixed: Some Error Attributes
- Fixed: Selected Navigation Drawer Menu Highlight
- Added: Page Loader Options
- Added: Dark Mode Features (Cached/Local Storage)
- Added: Drawer Menu Border Separator
- Optimized: Alert, Code Box, and Button Shortcodes
- Updated: Post Comment (If comment is 0 then hide the comment counter)

25 September - 12 October 2019 | v1.0.3
- Fixed: Some Error CSS
- Fixed: Some Error Attributes
- Fixed: Some Error Title Attributes
- Fixed: Ordered & Unordered List CSS
- Optimized: eCommerce Features
- Removed: Global Widht Features
- Added: Multivendor CSS
- Added: New Design for Search Page, Label Page, and Archive Page
- Added: More Multilingual Words (English - Indonesian)
- Added: Grid and List on Index Posts Layout Options

13 - 22 September 2019 | v1.0.2
- Fixed: Some Error CSS
- Fixed: Prefixed CSS Vendor
- Added: eCommerce Features
- Added: eCommerce Invoice System
- Added: eCommerce Antispam System
- Added: Some Meta Tag

5 - 9 September 2019 | v1.0.1
- Fixed: FeaturedPost Style
- Fixed: Some Error CSS
- Fixed: Search Input Placeholder Color
- Added: Author Social URL
- Added: Hide Side Nav in First Load Option
- Added: Selected Sidebar Menu Highlight
- Updated: Share Button to Center

29 August - 3 September 2019
- Initial Release
- Removed: Hide Side Navigation Option (BETA)
- Added: Multilevel Menu System for Side Navigation
- Added: Left Thumbnail Option in Theme Designer
- Changed: Verified Author Mark with HTML Entities

42 Komentar

  1. Keren, pengen beli, tpi lumayan ya kak harganya, uangnya blum cukup 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang lebih murah dan terdapat perbandingan lisensi, bisa liat generasi sebelumnya yaitu Materia X mas. Terimakasih.

      Hapus
  2. Bagus template nya min. Suka banget dg fiturnya.

    Selama menggunakan template ini, tidak ada masalah.
    Rekomend pokoknya.

    Saran :
    Tambahkan,
    Widget sitemap
    Widget newsletter

    Shortcodes
    Demo, download
    Spoiler
    Bagi konten post jd 2/3
    Tabel post
    Video
    Kode highlighter
    Image lightbox

    Saran aja min.. hehe.

    Sebenarnya sudah bagus min. Bagus... dan puas selama menggunakan Materia X2 Premium.

    Thanks admin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas review-nya. Untuk masukkannya siap ditampung.

      Hapus
  3. Template nya udh bagus banget min....

    Tambahan :
    Kode highlighter
    Comment versi terbaru
    Custom widget mungkin shortcode bisa ditambahin lagi min...heheh
    Shortcode Accordion & Tabs

    sama fitur E-commerce masuknya di mana min? kalo bisa masuk langsung ke WA..

    udh min.. udh bagus banget

    makasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan min.....

      1. kalo bisa next update kode scriptnya jQuery work di postingan...jadi gak perlu nambahin di dalam templatenya
      2. Kode iklan yang before sama after postingan dibuat 4 (kaya viomagz min, heheh)
      3. Tombol search (mobile) kalo diklik darkmenu nya kegeser.
      4. menu dropdown gk bisa dikasih svg(icon) min?

      thx min

      Hapus
    2. Terimakasih atas review-nya. Untuk masukkannya siap ditampung.

      Hapus
  4. Saya menggunakan template ini di dua blog. Tamplan dan segala sesuatunya sangat puas.
    Jika berkenan harap dibuatkan tool yang bisa digunakan untuk kepentingan update theme tanpa menghilangkan berbagai konfigurasi yang telah ada sebelumnya (termasuk juga untuk widget blog)
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas Feedbacknya mas, untuk saran dan masukkannya siap kami tampung.

      Hapus
  5. Wah saya tertarik! Apakah ada versi AMP nya??

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Silahkan hubungi saya melalui kontak diatas. Trims

      Hapus
  7. Mas tambahin widget baca juga dong, sama widget iklan di tengah postingan biar kita ga edit manual.
    Kalau ada fitur safelink bakal lebih mantap lagi. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kita tambahkan mas, Auto Read more dan peletakkan iklan. Bisa diliat di Changelog

      Hapus
  8. Warnanya kalau dibuat lebih colorful keren tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diatur melalu Theme Designer dengan mudah mas.

      Hapus
  9. Your blog is so beautiful, my blog totnhatvina is made of WP but not as beautiful

    BalasHapus
  10. seandainya theme ini ini ada buat wp :')

    BalasHapus
  11. templatenya secara keseluruhan udah bagus, klo mnurut saya hanya bberapa yg perlu di perbaiki

    - TOC masih blm berhasil tutor sesuai web elca
    - terus untuk shortcode itu kalo beberapa line harus manual di edit html
    - syntax highligh < pre > < code > masukin ke shortcode
    - iklan tengah artikel tolong di perbaiki

    btw saya nunggu versi wp nya juga😂

    BalasHapus
  12. Ditunggu update untuk penambahan icon medsos di widget subcribe box dan widget describtion untuk tampilan di pengelompokan label

    BalasHapus
  13. Di dalam postingan, lebih suka versi sebelumnya yang tanpa daftar isi.
    Sangat senang bila ada tutorial untuk setting tanpa daftar isi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, untuk Daftar isi (Table of Contents "ToC") otomatis bisa diaktifkan/dinonaktifkan melalu Theme Designer (Customize) > Pilih menu Advanced > Pilih Post Setting, terakhir pada bagian Table of Contents tinggal diisi valunya menjadi 0.

      Semoga membantu

      Hapus
    2. Sangat membantu mas, berhasil di edit.
      Awalnya saya agak kesulitan, karena tampilan dashboard terbaru blogger tidak terdapat >Post Setting.

      Katanya tampilan blogger terbaru ini akan permanen. Jika benar, mungkin perlu penyesuain tutorial lagi.
      Terima kasih.

      Hapus
  14. Tombol drop-down hanya terbuka saat menekan tanda panah, namun jika klik pada tulisan / ikonnya muncul tab baru jika dipasang Hyperlink.

    Berguna jika ada yg punya blog tipe kategori nya seperti ini

    Contoh:
    Kategori / Label utamanya adalah *Pendidikan*

    Sub kategori nya:
    - IPA
    - IPS
    - BAHASA

    Jadi pembaca lebih mudah jika dibuat fitur seperti itu ketika ingin melihat semua kategori / label *PENDIDIKAN* melalui navigasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk drop-down/sub-menu mungkin belum ada problem spesifik mas, tapi nanti akan kita cek lagi. Trims

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Semakin banyak perubahan dan perkembangan di blog elcreativeacademy, kapankah implementasinya pada templete materia x2 nya mas ...?
    Tak sabar menunggu update nya 😁 biar ga usah berulang2 seting templet waktu belinya nanti

    BalasHapus
  17. Gak tau sudah berapa banyak yang email ke saya tentang template yg saya gunakan dan saya jawab Materia x2 dari elc, paling bayak dari luar sih.

    Btw Tolong tambahkan Ads infeed dong min, dn klok bisa pada forum search ada seperti suggest ala situs situs google tpi dri label saja biar gk terlalu berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika bisa pakai gaya onload shimer efec ala web besar keren min, macam fb

      Hapus
    2. Halo mas, Untuk iklan Infeed bisa dimasukkan otomatis melalui Widget "Blog", begitupula dengan iklan diantara Post yang bisa diatur melalui Widget "Ads Between Post".

      Untuk masukannya akan kami catat. Terimakasih atas Feedbacknya.

      Hapus
    3. gambar di widget gk kluar gan.
      Saya bisa buat artikel di dasbord lama pas di dasboard baru kok jadi gini ya. ada solusinya?
      mana dasboard lama dh gk ada

      Hapus
    4. Halo gan, mungkin hal tersebut karena dampak Interface Blogger baru. Maka dari itu, tidak ada solusi lain selain mengedit URL gambar. Trims

      Hapus
  18. Maksudnya TOC otomatis itu pas kita nambahin tag h1 h2 h3 kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa saat tidak ingin menggunakan TOC mending menu Daftar Isi di side barnya di sembunyiin aja gan, jadi hanya muncul pas dipasang kode TOC nya saja.

      Hapus
    2. Itu bisa ngatur dengan mudah melalui Customizer gan.

      Hapus

Posting Komentar