Studi Kasus: Menginstal Windows 7 Ultimate 64Bit


Halo semuanya, perkenalkan nama saya Misbaul Ulum. Mungkin kalian baru pertama kali melihat artikel saya, ya, karena ini adalah artikel pertama saya. Kali ini saya akan menunjukkan cara Menginstal Windows 7 Ultimate 64Bit. Loh? Hari gini kok baru nulis artikel tentang Windows 7 64Bit? Apa nggak ketinggalan? Intinya Ilmu Itu ga ada yang namanya ketinggalan jaman, toh pengetahuan yang dimiliki Albert Einstein masih tetap dipakai. Jadi, gak ada salahnya dong kalo saya baru nulis artikel tentang Windows 7.

Kalian sadar kan, kalo dulu Windows 7 adalah sistem operasi yang paling populer, maka dari itu saya coba untuk Flashback dan sedikit bernostalgia. Nah, artikel ini belum lengkap ya, karena saya hanya memulai dari proses Booting OS sampai masuk ke halaman utama Windows 7. Mohon wajar, karena ini adalah artikel pertama saya. Mudah-mudahan, kedepannya saya bisa menunjukkan ilmu teknologi informasi terbaru khususnya Teknik Komputer dan Jaringan pada kalian.

Oke kita langsung masuk ke inti dari artikel.

Artikel ini merupakan tugas waktu di SMK dan mungkin sudah berbeda dengan sekarang.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, saya mulai dari Proses Booting OS, tahap pertama yang harus kita lakukan adalah memilih bahasa, disini saya menggunakan Bahasa Indonesia. Setelah itu klik tombol Next di pojok kanan bawah.

Memilih bahasa Windows 7

Maka akan muncul jendela seperti berikut. Di jendela ini, kita klik tombol Install Now saja.

Install Now Windows 7

Karena disini saya menggunakan ISO Windows 7 Ultimate (Sepaket) maka terdapat dua pilihan arsitektur, yaitu 32Bit dan 64Bit. Sesuai dengan judul artikel, kali ini saya memilih Windows 7 Ultimate x64.

Arsitektur Windows 7

Jika sudah memilih salah satu arsitektur, kalian bisa mengeklik tombol Next.

Setelah itu akan muncul jendele License Terms, disini kita bisa mencentang "I Accept the license term" dan mengeklik tombol Next. Jika kalian mau membaca semua Terms juga tidak apa-apa, gak masalah kok. hehehe.

License Terms Windows 7

Nah, pada tahap ini terdapat dua pilihan. Upgrade dan Custom (Advanced). Jika kalian sedang/masih menggunakan Windows 7 versi lawas, kalian bisa mengeklik Upgrade, sebaliknya, jika kalian belum pernah menginstalnya, maka kalian bisa mengeklik Custom (Advanced).

Windows 7 Upgrade dan Custom Install

Tahap selanjutnya yaitu memilih partisi sistem. Kalian bisa memilih dimana lokasi Sistem Windows tersimpan. Jika sudah memilih, kalian bisa mengeklik tombol Next.


Berikutnya adalah tahap yang agak lama, Proses Instalasi. Kalian bisa nunggu prosesnya sambil rebahan, nonton film, main game, dll. Santai, pasti jalan kok. hehehe.

Proses Instalasi Windows 7

Nah, ketika proses Instalasi sudah selesai, maka akan terdapat perintah windows needs to restart to continue kalian bisa mengeklik tombol Restart now.

Proses Instalasi

Berikut adalah tampilan Booting Windows 7.

Booting Windows 7

Pada tahap ini kalian juga harus sabar, karena akan merestart beberapa kali. Intinya, sabar ya.

Sebeneranya masih ada tahap selanjutnya seperti mengatur nama, password, zona waktu, dll. Karena saya yakin kalau kalian bisa, maka saya tidak menunjukkannya.

Ketika semuanya selesai, maka kalian akan melihat tampilan seperti berikut.

Tampilan Utama Windows 7

Taraaa, akhirnya selesai. Dahulu, proses banyak sekali orang yang tidak bisa atau belum bisa menginstal Windows sendiri, tapi untuk sekarang, saya rasa semua orang bisa.

Mungkin itu saja sedikit tutorial yang bisa saya sampaikan, Mohon maklum karena saya baru belajar nulis. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya