Ads by Yasya El Hakim
Apa itu Progressive Web App?

Progressive Web App (PWA) merupakan sebuah Website/Blog yang dapat di install seperti Aplikasi Smartphone pada Desktop maupun Mobile dan dapat langsung dibuat dari Web. Progressive Web App sangat cepat untuk diakses dan lebih pentingnya lagi, Progressive Web App mendukung semua jenis Browser.

Jika kalian ingin membuat Progressive Web App untuk Blog/Website. Maka sebelumnya kalian harus memahami apa itu PWA dan apa saja keuntungan jika kita menggunakannya.

Mengapa harus Progressive Web App?

Alasan mengapa kita sebagai pemilik Blog/Website harus menggunakan Progressive Web App adalah:

Dapat diakses dengan cepat

Setiap Blog/Website identik dengan kecepatan, hal tersebut merupakan ciri khas dari Progressive Web App. Kecepatan dari Progressive Web App mengacu pada berapa lama Meaningful Content dapat ditampilkan pada layar.

Dapat di pasang dengan mudah

Progressive Web App dapat dapat dibuka pada tab baru dan dapat dijalankan pada semua jenis Browser, tetapi juga bisa di pasang sendiri. Sama halnya ketika kita melakukan Bookmark pada salah satu Blog/Website favorit kita. Bedanya, Progressive Web App akan terlihat seperti kita menginstal aplikasi. Progressive Web App dapat dijalankan dari lokasi yang sama seperti aplikasi lainnya. Kalian juga dapat mengontrol dan mengatur Splash Screen, Icon, dan masih banyak lagi. Lebih menariknya lagi, kita tidak akan melihat Adress Bar pada Browser.

Dapat bekerja pada Desktop dan Mobile

Dengan menggunakan teknik Responsive Design, Progressive Web App dapat bekerja pada Desktop dan Mobile. Jika kalian ingin memasangnya, pastikan kalau Blog/Website kalian sudah responsive.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat Progressive Web App?

Artikel ini merupakan sebuah pendahuluan. Artinya, masih ada kelanjutan seperti bagian 1, bagian 2, bagian 3, dan seterusnya. Berikut adalah beberapa hal yang akan kita lakukan kedepannya:
  • Menggunakan tema Responsive Design pada Blog/Website agar dapat bekerja pada Desktop dan Mobile.
  • Mempercepat kinerja Blog/Website dengan menggunakan Service Worker untuk Precaching Resource seperti file HTML, CSS, JavaScript, gambar, dll.
  • Menggunakan serta memasang Web App Manifest dan notifikasi jika pengguna ingin menginstalnya.

Apa saja yang akan kita pelajari?

Berikut adalah beberapa hal yang akan kita pelajari:
  • Cara membuat dan memasang Web App Manifest.
  • Cara membuat Web App yang dapat diakses secara Offline.
  • Cara membuat Web App yang dapat diinstal oleh pengguna.

Apa saja yang kita butuhkan?

Tentunya sebuah Web Browser seperti Mozilla Firefox, Chrome, atau Browser lainnya (Pastikan Browser yang kalian gunakan sudah up-to-date, saya rekomendasikan untuk menggunakan Chrome).
Paham HTML, CSS, JavaScript, dsb. (Walaupun hanya sedikit).

Mungkin cukup disini saja artikel pendahuluan dari PWA. Kedepannya, kita akan melakukan semua hal yang sudah saya cantumkan diatas.

Bagian 2: Pemasangan Progressive Web App

2Komentar

  1. Wah ilmunya super tinggi mas. Saya belum kelasnya mengikuti, tapi kan mencoba untuk mempelajari dai NOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini termasuk mudah kok mas, asal sudah paham sedikit tentang HTML. Pasti bisa ngikuti tutorial yang ada disini. Seri PWA ini juga mudah untuk diikuti mas, karena saya (Sebagai penulis) langsung memberikan kode, tetap saya jelaskan fungsinya tetapi tidak saya jelaskan satu persatu. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

      Hapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya