Ads by Yasya El Hakim
Meta Tag SEO yang Wajib Digunakan

Terdapat banyak sekali Meta Tag yang dapat anda masukkan kedalam halaman Blog/Web, tetapi pernahkah anda bertanya bahwa "Meta Tag mana yang paling harus digunakan untuk meningkatkan peringkat SEO?".

Tidak jarang saya mencari beberapa referensi dari Blog/Website terkenal, dan bagaimana mereka menggunakan Meta Tag tersebut. Disinilah saya akan menunjukkan beberapa Meta Tag yang harus dan (Menurut saya) wajib untuk anda gunakan.

Saya sadar bahwa sudah ketinggalan kalau saya membuat artikel dengan topik ini. Karena disini saya bertujuan untuk berbagi informasi dan pengetahuan, apa salahnya kalau saya baru menuliskannya sekarang.
Menurut beberapa referensi dari Blog/Website yang telah saya kunjungi dan pelajari, Meta Tag SEO yang harus anda gunakan dikategorikan menjadi dua, yaitu Meta Tag Umum dan Meta Tag Media Sosial.

Meta Tag Umum

Biasanya, Meta Tag Umum sering digunakan pada Search Engine untuk dapat ditampilkan pada pengguna internet. Berikut beberapa Meta Tag Umum yang dapat anda gunakan:
<meta charset="utf-8"/>
<meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG/WEBSITE"/>
<meta name="keywords" content="KEYWORDS/KATA KUNCI BLOG/WEBSITE"/>
<link rel="author" href="URL SOCIAL MEDIA PEMILIK/AUTHOR BLOG/WEBSITE" />
<link rel="canonical" href="URL BLOG/WEBSITE" />

Meta Tag Media Social

Facebook Meta Info

Meta Tag yang dikhususkan untuk Facebook ini sangat berguna ketika pengunjung Blog/Website membagikan URL ke halaman Facebook:
<meta property="og:url" content="URL BLOG/WEBSITE"/>
<meta property="og:image" content="URL GAMBAR/LOGO BLOG/WEBSITE"/>
<meta property="og:description" content="DESKRIPSI BLOG/WEBSITE"/>
<meta property="og:title" content="JUDUL HALAMAN"/>
<meta property="og:site_name" content="JUDUL BLOG/WEBSITE"/>
<meta property="og:see_also" content="URL BLOG/WEBSITE"/>

Twitter Meta Info

Meta Tag yang dikhususkan untuk Twitter ini sangat berguna ketika pengunjung Blog/Website membagikan URL ke halaman Twitter:
<meta name="twitter:card" content="summary"/>
<meta name="twitter:url" content="URL BLOG/WEBSITE"/>
<meta name="twitter:title" content="JUDUL HALAMAN"/>
<meta name="twitter:description" content="DESKRIPSI/SNIPPET HALAMAN"/>
<meta name="twitter:image" content="URL GAMBAR"/>

Catatan: Untuk Meta Tag yang memilki konten Judul Halaman, Deskripsi Halaman, dll. Dapat ditampilkan hanya pada halaman post (Kalau di Blogger bisa menggunakan Conditional).
Itulah beberapa Meta Tag yang (Menurut Saya) sangat penting untuk digunakan pada Blog/Website yang peduli dengan SEO. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan jangan lupa bagikan artikel ini dengan mengeklik tombol Share di atas.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya