Ads by Yasya El Hakim
Apa itu Blog dan Apa Bedanya dengan Website?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas semua perbedaan utama antara Blog dan Website. Kita juga akan melihat manakah yang terbaik diantara keduanya.

Apa Perbedaan Antara Blog dan Website?

Sebelum mengetahui perbedaan dasar antara Blog dan Website, saya fikir anda juga harus mengerti perbedaan antara Statis dan Dinamis.
  1. Statis: Tertuju kepada suatu hal yang menetap (Tidak berubah, tidak berkembang, dan tidak bergerak).
  2. Dinamis: Tertuju kepada suatu hal yang dapat berkembang.
Nah, sekarang mari kita lihat perbedaan antara Blog dan Website dengan menggunakan kedua istilah diatas.

Website itu... Statis

Banyak perusahaan, enterpreuner, freelancer, dll membuat Brosur atau Portfolio berupa Website.

Website bisa di samakan dengan istilah Statis. Statis artinya tidak berkembang atau tetap. Biasanya Website hanya terdiri dari Informasi dasar, kontak, dsb.

Umumnya, Website tidak memilki lebih dari 20 halaman atau bahkan kurang dari lima halaman.

Halaman pada Website biasanya terdiri dari:
  1. Homepage - yang berupa Informasi dasar.
  2. Halaman Kontak dengan Form didalamnya.
  3. Halaman Portfolio.
  4. dll.
Cara lain untuk mengetahui bahwasanya Website itu bersifat tetap adalah dengan melakukan pencarian di Google, pasti hasilnya akan sedikit dan tidak sebanyak hasil pencarian Blog.

Jika anda masih tetap membayangkan atau masih penasaran tentang perbedaan antara Blog dan Website, maka bacalah sejarah singkat berikut.

Sejarah Singkat tentang Blog

Pada tahun 90-an, ketika Internet mulai berjaya, banyak orang mulai untuk membuat jurnal atau catatan Online. Sebelum Facebook muncul, banyak orang yang membuat dan mempublikasikan halaman web yang mereka gunakan untuk memberikan penawaran, membagikan pengalaman pribadi, dan membangun komunitas.

Kemudian munculah sebuah istilah yang dinamakan "Web Log". Semakin berjalannya waktu, istilah tersebut menjadi sangat meluas. Dahulu, Web Log memilki nama lain seperti WeBlog yang merupakan gabungan antara We (Kami) dan Blog. Untuk mempersingkatnya, banyak orang yang mengganti istilah lama tersebut menjadi Blog.

Pada tahun 2003, munculah Platform Blogging yang dapat digunakan secara gratis yaitu WordPress. Sekarang, ratusan bahkan jutaan Blog menggunakan Platform WordPress dan tidak sedikit pula pengguna Platform gratis seperti Blogger (Seperti saya :D).

Mengapa Banyak Orang Ngeblog?

Blogging adalah kegiatan yang mulia, biasanya setiap postingan Blog dapat menyelesaikan suatu masalah. Banyak orang menggunakan Google karena mereka ingin mencari jawaban dari suatu masalah. Jika dibandingkan, Blog lebih memilki informasi yang berharga ketimbang Website.

Berikut adalah beberapa keuntungan dalam Blogging:
  1. Blog adalah Marketing Tool terbaik
  2. Search Engine lebih menyukai Blog
  3. Banyak Orang suka dengan jawaban yang berasal dari Blog.

Bagi anda yang sudah atau belum memiliki Blog, saya ingin menunjukkan beberapa keutungan lain dari Ngeblog.
  1. Blog dibuat untuk anda - Tidak peduli siapa anda, Atlet, Artis, Dokter, Seniman, dll. Blog dapat digunakan oleh siapa saja.
  2. Biaya murah untuk menjalankan usaha online - Sadarkah anda? Blogging juga bisa dijadikan tempat promosi!
  3. Melatih kemampuan menulis - Blogging dapat melatih anda dalam menulis. Dengan setiap artikel yang sudah anda publikasikan, tata cara penulisan anda pasti semakin berkembang. Semakin banyak menulis, maka semakin banyak pula pengalaman menulis yang anda dapatkan.
  4. Dapat meningkatkan pengetahuan - Apakah anda pernah mendengar pepatah seperti "Penulis terbaik adalah pelajar terbaik". Blogger pasti suka mencari pengetahuan dan mereka pasti membagikan pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
  5. Dapat Menyelesaikan Masalah - Rata-rata pengguna internet mencari jawaban dari suatu masalah, dan biasanya Blog yang menyediakan jawaban tersebut.
  6. Dapat menghasilkan pendapatan - Ya, ngeblog bisa menghasilkan uang. Tapi, saya ingin anda untuk melupakan sejenak tentang penghasilan. Utamakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang. Dengan begitu, penghasilan akan datang sendiri.
Seperti yang sudah anda baca, Blog adalah Marketing Tool yang lebih luar biasa jika dibandingkan dengan Website.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya