Ads by Yasya El Hakim
Cara Mencoba Linux Distro tanpa Mendownload atau Menginstallnya

Selamat datang di EL Creative Academy, kali ini saya menulis tentang Tools yang (Menurut saya) sangat luar biasa karena Tools yang akan kita bahas ini sangat berguna bagi anda yang ingin mencoba semua Distribusi Linux (Linux Distro) yang ada tanpa Mendownload Image nya atau Menginstallnya langsung pada System atau Virtual Machine. 

Dengan Tools dari distrotest.net, kita bisa menjalankan lebih dari 200 Distro Linux melalui Web Browser. Ya! Dari Web Browser!

DistroTest merupakan inisiatif dari Forster Tobias dan Andy Klemann. Mereka mengambil filosofi dari tiga hal yang sering ditanyakan oleh pengguna Linux yaitu:
  1. Distro Linux mana yang terbaik
  2. Distro Linux mana yang Interfacenya lebih baik
  3. Distro Linux mana yang memiliki opsi yang lebih baik
Yang perlu anda ketahui, DistroTest memiliki atau menyediakan kurang lebih 223 Distro Linux yang bisa anda coba melalu Web Browser. Wow! Luar Biasa.

Dengan menggunakan DistroTest, anda dapat mencari Distro Linux yang ingin anda coba (Anda juga dapat mengurutkan berdasarkan rilis terbaru dari setiap Distro) dan mengeklik tombol Start. Setelah itu, DistroTest akan membuka Live ISO atau Image Installer yang dapat anda operasikan melalui Web Browser yang anda gunakan. Anda juga bisa menghubungkan kedalam sistem lokal dengan menggunakan VNC Client - Setelah dijalankan, anda akan mendapatkan IP Address dan Port server.

Biasanya, anda tidak dapat langsung mencoba atau membuka Distro Linux yang anda inginkan. Jika demikian, anda akan mendapatkan nomor antrian dan harus menunggu. (Menurut saya wajar karena Website tersebut banyak yang mengunjungi).
DistroTest

Jika sudah sampai giliran anda, anda dapat menjalankannya selama dua jam untuk mencoba Distro Linux yang anda inginkan. Anda dapat menambahkan dan menghapus file atau program, mengubah konfigurasi, melakukan partisi atau mem format Hard Drive, dan semua yang anda inginkan sama halnya seperti meng-install kedalam sistem. Ketika sudah selesai, sistem akan langsung di reset.

Dengan menggunakan layanan dari DistroTest, anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan anda dapat menjalankan Distro Linux dengan lancar.

Akhir kata,  menurut saya, DistroTest merupakan suatu project yang sangat dan sangat luar biasa yang dapat anda gunakan untuk mencoba Distro Linux sebelum anda menginstal nya kedalam sistem atau Virtual Machine.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya