Ads by Yasya El Hakim
Apa itu Web Framework?

Pada zaman yang Modern ini, aplikasi Website tidak lagi statis, melainkan dinamis. Website dinamis dibuat dengan menggunakan Framework.

Kata Framework bisa diartikan menjadi Library dari luar. Library tersebut memiliki sekumpulan kode untuk digunakan kedalam suatu Program. Dengan menggunakan Library tersebut, kita dapat mengakses semua fungsi dari Program secara cepat.

Apa itu Web Framework?

Web Development Framework merupakan sebuah paket yang dibuat untuk mempermudah Developer dalam pembuatan konstruksi aplikasi web (Website dinamis). Web Framework dapat membantu para Web Developer atau Web Designer dalam membuat atau mengembangkan Website. Dengan menggunakan Web Framework, para Developer dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan mudah.

Sejak tahun 2000-an, banyak para Web Developer yang selalu membuat suatu Project dengan menggunakan Web Framework.

Mengapa Web Framework sangat Berguna?

Web Framework merupakan rangkuman dari ilmu pengetahuan yang telah dipelajari oleh seorang Web Developer atau Web Designer. Dengan menggunakan Framework, Web Developer dapat mengerjakan tugas atau Projectnya dengan cepat dan mudah.

Fungsi umum dari Web Framework

Framework dapat memberikan fungsi kedalam kode untuk setiap operasi yang dibutuhkan oleh aplikasi Web. Berikut adalah beberapa operasinya
  1. URL Routing
  2. Input untuk memvalidasi
  3. Templating Engine untuk HTML, XML, JSON, dll.
  4. Koneksi Database yang berupa konfigurasi dan manipulasi data.
  5. Keamanan Web
  6. Dan masih banyak lagi.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya