Penjelasan Tentang CTR, CPC, CPM, RPM, Page View, & Impression

Membahas tentang Tentang CTR, CPC, CPM, RPM, Page View, & Impression serta cara menghitungnya.

Penjelasan Tentang CTR, CPC, CPM, RPM, Page View, & Impression

Google Adsense adalah program yang dapat menghasilkan uang bagi Publishernya berdasarkan klik dan impresi (Impressions).

Pada pembahasan kali ini, penulis akan menjelaskan beberapa istilah dari Google Adsense seperti Clickthrough Rate (CTR) , Cost-per-Click (CPC) , Cost-per-Thousand (CPM) , dan Revenue-per-Impressions (RPM). Sebelum membahasnya, kita harus mengetahui beberapa istilah tersebut.

  • Clicks: Jumlah iklan yang di klik;
  • Impression: Maksud dari Impression adalah jumlah item yang sudah dilihat oleh pengunjung. Dapat berupa halaman yang dilihat, unit iklan yang dilihat, dll. Maka dari itu, Impression dapat diartikan menjadi tiga tipe yaitu, Page Views, Page Impression, dan Ad Impression;
    • Page View: Page View dilaporkan setiap kali pengunjung melihat halaman yang terdapat iklan. Hanya satu halaman yang dihitung setiap kali iklan dilihat. Contoh, jika suatu halaman terdapat 3 unit iklan dan dikunjungi sebanyak dua kali, maka Page View yang dihitung adalah sebanyak dua kali;
    • Page Impression: Page Impression dapat dihasilkan ketika pengunjung melihat halaman yang terdapat iklan di dalamnya. Satu halaman dapat memilki lebih dari satu iklan. Ad Unit Impression dihitung dengan cara yang berbeda;
      Catatan: Pada Google Adsense, perbedaan Page View dan Page Impression hampir sama.
    • Ad Impression: Ad Impression dapat di hasilkan ketika salah satu iklan sudah dilihat pada Website kalian. Contoh, jika suatu halaman memiliki 3 unit iklan dan jika halaman tersebut dilihat sebanyak 5 kali, maka kalian mendapatkan 5 Page Impression dan 15 Ad Unit Impression. Penghitungan 15 Ad Unit Impression dapat dilakukan dengan mengkalikan jumlah Page Impression dengan jumlah unit iklan, (5 x 3 = 15).
  • Query: Query adalah permintaan yang dibuat untuk menampilkan unit iklan.

Sekarang, mari kita bahas tentang CTR, CPC, CPM, dan RPM.


Clickthrough Rate (CTR)

Clickthrough Rate (CTR) adalah jumlah iklan yang di klik dibagi dengan jumlah Impressions, Page View, atau Query yang diterima. CTR menentukan seberapa sering pengunjung mengeklik iklan kalian.

Contoh: CTR = (Klik dibagi "/" Jumlah Impressions, View, atau Query) di kali "x" 100%.

Anggap saja terdapat 5 iklan yang di klik dan halaman tersebut dilihat sebanyak 500 kali.

Berikut adalah cara menghitungnya:

  • CTR = (Jumlah klik dibagi "/" Jumlah halaman yang dilihat) dikalikan "x" 100%;
  • CTR = (5 / 500) x 100%;
  • CTR = 1%.

Perlu diingat bahwa klik dibagi "x" Page Impression, Page View, atau Query.

Maka dari itu, CTR dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe yaitu: Ad CTR, Page CTR, dan Query CTR.

  • Ad CTR = (Jumlah klik dibagi "/" jumlah Impressions) dikalikan "x" 100%;
  • Page CTR = (Jumlah klik dibagi "/" jumlah Page View) dikalikan "x" 100%;
  • Query CTR - (Jumlah klik dibagi "/" jumlah Query) dikalikan "x" 100%.

Cost-per-Click (CPC)

Cost-per-Click (CPC) merupakan jumlah penghasilan yang kalian dapatkan setiap kali pengunjung mengeklik iklan. Dengan kata lain, CPC merupakan biaya yang di bayarkan oleh penyedia layanan iklan kepada Publishernya setiap kali iklan yang diletakkan di dalam Websitenya telah di klik oleh pengunjung. Biaya CPC pada iklan ditentukkan oleh pemilik iklan. CPC merupakan Keyword atau kata kunci yang spesifik. Berbeda Keyword maka berbeda pula nilai CPC nya.

Disini, kita dapat Google Adword yang merupupakan Tools untuk mencari Keyword yang bernilai.

Cost-per-Thousand (CPM)

CPM merupakan singkatan dari Cost-per-Thousand Impressions (M = Angka romawi 1000).

Pengiklan menjalankan iklan CPM dan mengatur biaya iklan yang ditampilkan per 1000 kali klik dan dapat membayar setiap kali iklannya ditampilkan.

Sebagai Publisher, kalian bisa mendapatkan penghasilan ketika CPM ditampilkan pada halaman dan dilihat oleh pengunjung.

Revenue-per-Thousand Impressions (RPM) / Effective CPM (eCPM)

RPM adalah fitur laporan dan tidak menampilkan jumlah penghasilkan yang di bayarkan ke Publisher secara aktual. RPM pada suatu halaman (atau sebuah unit iklan) merupakan pendapatan estimasi setiap menerima 1000 Impressions.

Catatan: Sebelumnya dapat disebut dengan istilah eCPM. Sekarang, disebut dengan istilah RPM.

Contoh, Jika seorang Publisher mendapatkan penghasilan 50 dolar dari 2500 Page Impression, maka:

  • RPM = (Estimasi pendapatan dibagi "/" dengan Page Impressions) dikalikan "x" 1000;
  • RPM = (50 : 2500) x 1000;
  • RPM = $20.

Perlu diingat bahwa estimasi penghasilan dibagi "/" dengan Page Impression, Page View, atau Query.

Maka dari itu, RPM dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe: Ad RPM, Page RPM, dan Query RPM:

  • Ad RPM = (Estimasi penghasilan dibagi "/" Ad Impressions) dikalikan "x" dengan 1000;
  • Page RPM = (Estimasi penghasilan dibagi "/" Jumlah Page View) dikalikan "x" dengan 1000;
  • Query RPM (Estimasi penghasilan dibagi "/" jumlah Query) dan dikalikan "x" dengan 1000.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ini kepada teman-teman atau saudara kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Diskusikan

0 Diskusi