Ads by Yasya El Hakim
JavaScript Modern: Pendahuluan Tentang JavaScript

Mari kita lihat semua hal yang spesial dari JavaScript, semua yang bisa kita dapatkan darinya, dan teknologi apa saja yang bisa digunakan didalamnya.

Apa itu JavaScript?

Awalnya, JavaScript dibuat untuk "Membuat Halaman Web menjadi Hidup".

Program yang ada pada bahasa ini dinamakan Script. Script dapat ditulis didalam suatu halaman Web HTML dan dapat berjalan secara otomatis ketika halaman itu dimuat.

Script merupakan sebuah teks biasa dan tidak membutuhkan persiapan atau kompilasi sebelum dijalankan.

Pada aspek kali ini, JavaScript sangatlah berbeda dengan bahasa pemrograman Java.

Mengapa JavaScript?

Awalnya, JavaScript dinamakan "LiveScript", tetapi pada waktu itu bahasa pemrograman Java sangat populer, jadi pembuat JavaScript memutuskan untuk memposisikan sebuah bahasa baru sebagai "Saudara Muda" dari Java.

Seiring berjalannya waktu, JavaScript menjadi bahasa yang sangat Independen dengan spesifikasi yang dimilikinya, spesifikasi itu dinamakan ECMAScript, dan sekarang tidak ada hubungannya sama sekali dengan bahasa pemrograman Java.

Sekarang, JavaScript dapat dijalankan tidak hanya pada Browser, tetapi juga dapat dijalankan pada Server, atau sebenarnya semua perangkat yang memiliki program spesial dinamakan JavaScript Engine.

Browser memiliki mesin penyisip (Embedded Engine) yang dinamakan "JavaScript Virtual Machine".

Berbeda Engine maka berbeda pula "Codename" nya. Contoh:
  • V8 - pada Chrome dan Opera
  • SpiderMonkey - pada Firefox
  • . . . Terdapat Codename lain seperti "Trident" dan "Chakra" untuk versi yang berbeda seperti Internet Explorer, "ChakraCore" untuk Microsoft Edge, "Nitro" dan "SquirrelFish" untuk Safari, dll.

Istilah diatas sangat baik untuk diingat karena mereka menggunakannya di Internet. Kami juga menggunakannya, contoh: jika "Fitur X Support V8", maka akan bekerja di Chrome dan Opera.

Bagaimana Engine Bekerja?

Sebenarnya Engine sangatlah membingungkan. Tetapi, dasarnya itu mudah.
  1. Engine (Disisipkan pada Browser) kemudan membaca (Parse) Script.
  2. Lalu mengubah (Compile) Script kedalam bahasa mesin.
  3. Dan Kode mesin berjalan dengan cepat.

Apa yang Dapat Dilakukan JavaScript pada Browser?

JavaScript Modern adalah bahasa pemrograman yang "Aman". JavaScript tidak memberikan akses rendah pada memori atau CPU, karena pada awalanya dibuat untuk Browser yang tidak memerlukannya.

Kemampuan JavaScript tergantung pada Environment yang dijalankannya. Contoh, Node.js mendukung fungsi yang mengizikan JavaScript untuk membaca/menulis file, menjalankan Request jaringan, dll.

Pada Browser, JavaScript dapat melakukan segala sesuatu untuk memanipulasi halaman Web, berinteraksi dengan pengguna dan Websever.

Contoh: pada Browser, JavaScript dapat:
  • Menambahkan halaman baru kedalam Halaman HTML, mengubah konten, dan mengganti tampilan.
  • Berinteraksi dengan pengguna, menjalankan perintah klik pada Mouse, perpindahan, dan penekanan tombol.
  • Mengirim Request pada jaringan ke Remote Server, mendownload dan mengupload file (yang dinamakan teknologi AJAX dan COMET).
  • Mendapatkan dan menerapkan Cookies, memberi pertanyaan pada pengunjung, dan menampilkan pesan.
  • Mengingat data pada Client-Side (Penyimpanan Lokal).

Apa yang Tidak Dapat Dilakukan JavaScript pada Browser?

Kemampuan JavaScript pada Browser juga memiliki batasan. Tujuannya adalah untuk mencegah penjahat dari akses informasi penting atau menggangu data pengguna.

Contoh batasannya adalah:
  • Pada halaman Web, JavaScript tidak membaca/menulis file pada Hard Disk, menyalin atau menjalankan program. Hal tersebut terjadi karena tidak memiliki fungsi akses kedalam Sistem Operasi.
  • Browser Modern mengizinkannya untuk bekerja dengan file, tetapi aksesnya terbatas dan hanya disediakan pada pengguna yang menginginkannya, seperti "Dropping" file kedalam Browser atau memilihnya dari tag <input>
  • Terdapat jalan untuk berinteraksi dengan kamera/mikrofon dan perangkat lainnya, tetapi hal tersebut membutuhkan izin dari pengguna.

Apa yang Membuat JavaScript menjadi Unik?

Terdapat tiga hal menarik dari JavaScript:
  • Dapat terintegrasi dengan HTML/CSS.
  • Suatu hal yang Simple dapat diselesaikan dengan sangat Simple.
  • Mendukung semua mayoritas Browser dan aktif secara Default.

JavaScript adalah satu-satunya teknologi Browser yang dapat menggabungkan ketiga hal diatas.

Itulah yang membuat JavaScript menjadi unik.

Bahasa "Lebih dari" JavaScript

Syntax (Penulisan) JavaScript tidak sesuai dengan kebutuhan banyak orang. Berbeda yang diinginkan seseorang, maka berbeda pula fiturnya.

Itulah yang diharapkan, karena projek dan kebutuhan dari seseorang itu berbeda-beda.

Jadi, baru-baru ini terdapat bahasa baru yang muncul, yang dapat mengubahnya kedalam JavaScript sebelum dijalankan pada Browser.

Tools Modern dapat mengubahnya dengan cepat dan transparan.

Contoh dari beberapa bahasanya adalah:
  • CoffeeScript adalah "Pemanis" untuk JavaScript. Berfungsi untuk membuat penulisan menjadi bersih dan presisi. Biasanya, Developer Ruby sangat menyukainya.
  • TypeScript berkonsentrasi dalam menambahkan "Pembatasan Penulisan Data" untuk mempermudah pengembangan. TypeScript dikembangkan oleh Microsoft.
  • Dart merupakan bahasa yang berdiri sendiri dan memiliki Engine yang berjalan dalam perlengkapan Non-Browser (Seperti aplikasi mobile). Pada awalnya Dart ditawarkan oleh Google sebagai pengganti dari JavaScript.

Terdapat contoh bahasa lain diluar sana. Tentu saja, jika kami menggunakan salah satu bahasa tersebut, kami harus mengenal JavaScript untuk menambah pengetahuan yang ingin kita pelajari.

Kesimpulan

  • Pada awalanya, JavaScript dibuat sebagai bahasa Browser saja, tetapi sekarang digunakan pada berbagai macam perlengkapan.
  • Sekarang, JavaScript memiliki posisi yang unik sebagai bahasa Browser yang dapat diintegrasikan dengan HTML/CSS.
  • Terapat banyak bahasa yang sudah "Diubah" untuk JavaScript dan memberikan beberapa fitur. Kami merekomendasikan anda untuk mengenal maupun mempelajarinya, sebagai pendahuluan, anda akan mempelajarinya setelah anda sudah menguasai JavaScript.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya