Antara Inspirasi dan Menjiplak

Kita semua bisa mendapatkan inspirasi dari pekerjaan orang lain. Kedua hal yang akan kita bahas ini sangat penting untuk di perhatikan.

Menjiplak

Banyak perkataan "Menjiplak itu wajar". Umumnya, ketika anda belajar, Menjiplak hasil kerja dari Master/Senior sangatlah wajar karena hal tersebut adalah proses pembelajaran. Untuk memahami bagaimana sesuatu itu dibuat, anda dapat menjiplak/menirunya dan mengambil pengalaman darinya.

Intinya, anda dapat belajar dengan menjiplak karya orang lain karena:
  1. Musisi belajar memainkan alat musik dengan mengikuti contoh permainan musisi lainnya.
  2. Pelukis membuat variasi warna dengan cara menjiplak komposisi palet dari pelukis yang lebih master darinya.
  3. Developer menulis kode dengan cara mengikuti petunjuk buku atau mengikuti kode milik Developer lain.
  4. Designer meniru tipe desain, warna desain, dll dari Designer lainnya.
Ketika banyak orang yang bicara tentang "Menjiplak itu wajar",  tetapi tidaklah baik jika kita menjiplak pekerjaan orang lain apalagi menjual hasil jiplakan itu. Penulis berfikir bahwa menjiplak itu bagian dari pelanggaran hak cipta.

Terdapat koneksi lain antara Inspirasi dan Menjiplak.

Ketika kita mulai mendesain, tidaklah biasa jika kita bertanya tentang Desain apa yang disukai Client dan mengapa dia menyukakainya. Kebanyakan para Client ingin menggunakan warna yang sama seperti desain lain atau menyarankan tampilan desain yang dia inginkan (Bukan menjiplak).

Insipirasi untuk Menghindar dari Menjiplak

Terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menghindar dari proses Menjiplak. Dimulai dengan dari mana anda mendapatkan inspirasi.

Jika anda terinspirasi dari desain yang anda lihat dari desain orang lain. Cobalah untuk memahami hal spesial yang membuat anda terinspirasi dari desain tersebut.

Jika anda menyukai skema warna dari desain orang lain, ambilah nilai Hex nya dan gunakanlah. Jika anda mempunyai skema warna sendiri, maka gunakanlah.

Jika anda terinspirasi dari skema warna orang lain karena skema warna yang dia buat sangatlah natural, maka buatlah skema warna natural milik anda sendiri.

Gunakanlah apapun yang menginspirasi anda, buatlah dengan inspirasi tersebut, dan tinggalkanlah sesatu yang dapat menginspirasi orang lain.

Kesimpulan

Kita belajar dan berkembang dengan cara menjiplak. Hal itu tidaklah buruk. Yang terburuk adalah menjiplak karya orang lain dan menjual hasil jiplakan itu.

Ketika anda terinspirasi dengan desain orang lain, berfikirlah tentang apa yang membuat anda terinspirasi darinya. Carilah inspirasi agar anda terhidar dari proses menjiplak.

Ketika anda sudah menyelesaikan suatu desain, bandingkalan dengan desain yang menginspirasi anda. Jika banyak hal yang mirip, ubahlah dengan cara/ide anda sendiri.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya